Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SMA 1 Kudus Tunda Ujian dan Liburkan Siswa Selama Dua Pekan

MURIANEWS, Kudus – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memutuskan untuk meliburkan seluruh sekolah di Jawa Tengah, mulai Senin (16/3/2020). Siswa dari tingkat TK, SD hingga SMA/sederajat akan menjalani proses belajar di rumah selama dua pekan ke depan.

Kebijakan ini langsung direspon sekolah-sekolah di Kabupaten Kudus. SMA 1 Kudus memastikan akan menghentikan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolahan.

Para siswa akan diliburkan dan belajar secara online. “Kami menghentikan proses KBM,” kata Kepala SMA 1 Kudus Shodiqun ketika dikonfirmasi, Minggu (15/3/2020) siang.

Ujian Sekolah yang kini masih berlangsung pun akan ditunda hingga dua pekan ke depan.  Ekstrakurikuler serta kegiatan lainnya juga ditunda untuk batas waktu yang telah ditentukan. “Semua acara dan kegiatan kami batalkan dan kami tunda,” lanjutnya.

Pihaknya pun mengimbau semua siswa-siswinya untuk mematuhi dan menjalankan instruksi yang telah dikeluarkan gubernur maupun instansi-instansi terkait lainnya.

Yakni untuk tidak mengadakan kegiatan ataupun mengikuti kegiatan yang melibatkan banyak orang. “Jangan sering keluar rumah,” lanjutnya.

Sedang untuk kelas XII, pihaknya berpesan untuk tetap fokus belajar dan mempersiapkan Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional yang kemungkinan akan digelar setelah keadaan membaik. Selain itu mereka juga diimbau untuk menjaga kesehatannya. “Jangan sampai sakit dan tetap giat belajar di rumah,” terangnya.

Baca juga: 

Sementara Kepala SMPN 2 Kudus Jarwo menyebut hingga kini pihaknya masih menunggu surat edaran resmi dari Dinas Pendidikan Kudus. Walau demikian, pihaknya sudah bersiap untuk meniadakan proses KBM di sekolahan. “Kami akan lakukan pembelajaran secara online,” katanya.

Semua kegiatan sekolah juga telah ditunda maupun dibatalkan. Pihaknya akan menginstruksikan siswa-siswinya untuk tidak mengadakan kegiatan atau mengikuti kegiatan dengan massa yang banyak.

“Sama seperti instruksi yang telah diberikan selama ini, siswa-siswi kami juga kami imbau untuk menjaga kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” terangnya.

Sebelumnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus menyatakan masih menunggu surat resmi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk meliburkan semua kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Kudus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada mengatakan hingga siang ini pihaknya masih menunggu surat resmi tersebut. Meski demikian, draf terkait pengumuman meliburkan semua kegiatan belajar mengajartelah  disiapkan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...