Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Warga Jateng Kembali Dinyatakan Positif Corona, Punya Riwayat ke Bali dan Malaysia

0 4.948

MURIANEWS, Semarang – Jumlah pasien positif Covid-19 atau virus corona di wilayah Jawa Tengah bertambah. Ditemukan lagi dua pasien positif dan kini tengah dirawat di RSUP dr Kariadi Semarang dan RUSD Tidar Magelang.

Dengan penambahan ini, maka pasien positif corona di Jateng tercatat sebanyak empat orang. Di mana satu orang telah meninggal dunia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, jika dua pasien positif corona ini awalnya merupakan pasien dengan pengawasan (PDP). Pasien positif baru ini merupakan warga negara Indonesia.

“Hasil pemeriksaan baru keluar tadi malam, dan terkonfirmasi positif. Untuk yang di Semarang berusia 63 tahun dan di Magelang 36 tahun. Saat ini kondisinya baik,” kata Ganjar dalam jumpa pers, Minggu (15/3/2020).

Ia menyatakan, tindak lanjut dari temuan pasien positif baru ini yakni dengan melakukan tracking terhadap riwayat perjalanan dan kontak para pasien. Masyarakat lanjut Ganjar juga diharapkan membantu pemerintah untuk memberikan informasi. Masyarakat diminta tidak takut untuk memberikan informasi kepada pemerintah.

“Kami siapkan hotline kepada masyarakat yang ingin menyampaikan informasi. Silahkan hubungi nomor telpon 0243580713 atau 082313600560 agar informasi bisa kami terima dengan baik,” ujarnya.

Ganjar menegaskan bahwa pemerintah telah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi penyebaran penyakit ini.

Masyarakat diimbau selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat serta tidak keluar rumah terlebih dahulu apabila tidak ada urusan penting.

“Ini kami sampaikan pada masyarakat secara luas, agar masyrakat memahami bahwa ini mudah menyebar. Sebagai masyarakat bisa mengambil tindakan pencegahan,” terangnya.

Baca: Budi Karya Positif Corona, Presiden Tunjuk Luhut Jadi Menhub Sementara

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo menyatakan, pihaknya telah melakukan tracking terhadap dua pasien positif ini. Dari hasil penelusuran, dua pasien ini punya riwayat perjalanan.

Satu pasien yang dirawat di RSUP dr Kariadi Semarang diketahui pernah mengunjungi Bali. “Sementara yang di Magelang itu, baru saja pulang dari Malaysia,” terangnya.

Hingga Minggu (15/3/2020) pukul 11.00 WIB, catatan di Dinas Kesehatan jumlah pasien dengan pengawasan di Jateng 57 orang dan yang masih dirawat sebanyak 15 orang, termasuk yang positif corona.

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.