Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gara-Gara Corona, Upacara Pembukaan TMMD di Buaran Jepara Dibatalkan

MURIANEWS, Jepara – Menyusul merebaknya virus corona di Indonesia, Pemprov Jawa Tengah menginstruksikan untuk mengurangi kegiatan yang sifatnya keramaian. Kebijakan ini langsung direspon oleh Kodim 0719 Jepara, yang rencana akan membuka secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Dandim 0719/Jepara Letkol Arm Suhariyanto menyatakan, pihaknya sudah memutuskan untuk tidak menggelar upacara pembukaan TMMD. Upacara pembukaan TMMD Kodim 0719 Jepara sedianya digelar pada Senin (16/3/2020) di lapangan Desa Buaran, Mayong. Namun menyusul kebijakan pemerintah, khusus kegiatan upacara pembukaan diputuskan tidak dilaksanakan.

“Jadi memang benar, upacara pembukaan kami batalkan karena upacara pembukaan menimbulkan kerumunan. Nanti langsung pelaksanaan program TMMDnya yang sudah direncanakan,” ujar Letkol Arm Suhariyanto.

Terpisah Pelaksan Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan akan mengevaluasi kegiatan-kegiatan massal atau yang melibatkan banyak orang di Kabupaten Jepara. Termasuk pemberian ijin tempat kegiatan akan dievaluasi, untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dian Kristiandi menyampaikan statemen ini pada Sabtu (14/3/2020) disela-sela menghadiri sebuah acara di Pendapa Kabupaten Jepara. Dian Kristiandi juga menyatakan pihaknya akan segera menggelar rapat koordinasi terkait hal ini.

“Hari Senin, akan kami rapatkan langkah terbaik seperti apa. Di Jepara Alhamdulillah belum ada yang terinfeksi corona.  Akan tetapi harus diantisipasi berbagai kemungkiban penyebarannya,” kata Dian Kristiandi, Sabtu (14/3/2020).

Sejumlah pihak terkait akan diundang untuk membahas persoalan ini. Rencana-rencana strategis penanganan masalah corona akan dirumuskan dalam rapat koordinasi tersebut.

Kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak (massal) dan menimbulkan kerumunan yang berpotensi bisa menyebarkan virus corona akan dibahas secara mendalam. Pemkab Jepara membutuhkan masukan sebelum mengambil keputusan untuk menunda atau membatalkannya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...