Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wisatawan Karimunjawa Dicek Suhu Tubuh, Tujuh Orang Bersuhu 38 Derajat, Salah Satunya Warga Denmark

MURIANEWS, Jepara – Pemkab Jepara melalui Tim Kesehatan Puskesmas Jepara melakukan pemeriksaan suhu tubuh para wisatawan dari dan ke Karimunjawa dipelabuhan penyebrangan menggunakan termal-scanne, Sabtu (14/3/2020). Tindakan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap penularan corona.

Kepala Puskesmas Jepara Triyono Teguh Widodo mengatakan, pemeriksaan suhu badan ini tidak hanya dilakukan pada para penumpang. Namun para ABK Kapal Expres Bahari yang melayani pelayaran dari Karimunjawa dan ke Karimunjawa, juga diperiksa.

Dalam pemeriksaan ini ada tujuh penumpang yang kedapatan memiliki suhu badan yang terdeteksi lebih dari 38 derajat celcius. Empat penumpang di antaranya merupakan wisatawan yang baru saja berlibur di Karimunjawa. Sedangkan tiga orang lainnya hendak berangkat ke Karimunjawa.

“Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut seluruhnya dinyatakan aman. Dari pemeriksaan yang dilakukan Alhamdulillah tidak ada kecurigaan yang mengarah ke sana (covid-19),” ujar Triyono Teguh Widodo, Sabtu (14/3/2020).

Baca Juga:

Seorang wisatawan manca asal Denmark diketahui menjadi salah satu dari tujuh orang yang memiliki suhu di atas 38 derajat. Namun setelah dilakukan pengecekan lanjutan dan pendataan, WNA tersebut diperbolehkan meneruskan perjalanan pulang. Terlebih, dikuatkan adanya surat bukti tanda sehat yang dimiliki dari bandara.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara Deni Hendarko, menyatakan kegiatan ini merupakan upaya pencegahan dan pendeteksian dini masuknya virus corona di Jepara. Selain itu untuk menciptakan rasa aman dan kondusif di Kabupaten Jepara.

Pada kegiatan itu, sedikitnya ada 180 penumpang pada trip pulang dari Karimunjawa. Sedangkan yang akan bertolak ke Karimunjawa jumlahnya mencapai 239 penumpang. Meski sejauh ini belum ditemukan warga yang terindikasi virus corona, langkah antisipasi semacam itu akan terus dilakukan secara berkelanjutan oleh Pemkab Jepara.

“Tadi setahu kami ada tujuh orang yang suhunya di atas 38 derajat. Penumpang yang dari arah Karimunjawa ada empat orang, salah satunya warga negara asing. Sedangkan yang mau ke Karimunjawa ada tiga orang yang salah satunya balita,” ujar Deni Hendarko.

Pemeriksaan suhu tubuh para penumpang dan kru kapal, dilakukan oleh Tim Kesehatan Jepara dengan tiga buah alat pendeteksi suhu tubuh (termo-scanner). Enam petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kepada para penumpang secara bergiliran.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...