Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kudus Belum Akan Batasi Kunjungan Wisata Ziarah

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus belum akan membatasi kunjungan peziarah di sejumlah tempat wisata religi seperti makam Sunan Kudus dan Sunan Muria. Meski demikian, sosialisasi untuk pencegahan tertular virus corona di lokasi ziarah tersebut akan digencarkan.

“Belum, kami belum akan membatasi kunjungan wisatawan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo Sabtu (14/3/2020).

Walau demikian, tindakan preventif pun akan dilakukan semaksimal mungkin guna meminimalisir penularan virus corona di lokasi-lokasi ramai tersebut. “Kami akan gencarkan sosialisasi di lokasi-lokasi ramai,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya menginstruksikan pembatasan kegiatan massal yang melibatkan 30 orang atau lebih di wilayah Kabupaten Kudus, lantaran jumlah warga Indonesia yang terpapar Covid-19 terus bertambah.

Penggunaan alat pengecek suhu tubuh atau Thermo scanner pun diwacanakan bakal diterapkan di lokasi-lokasi yang ramai. Apabila diketahui memiliki suhu badan di atas 38 derajat, maka prosedur yang berlaku akan diterapkan.

“Nanti kemudian akan discreening, namun sementara kami gencarakan sosialisasi terlebih dahulu,” lanjutnya.

Sementara orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan, seperti batuk dan flu. Pemakaian masker sangat dianjurkan bagi mereka apabila ingin keluar ataupun berada di keramaian publik. “Serta jangan lupa untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan,” tambahnya.

Baca juga:

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Joko Dwi Putranto mengatakan pihaknya akan terus menggencarkan sosialisasi PHBS di semua lini dan tingkatan masyarakat di Kota Kretek.

Puskesmas-puskesmas daerah pun dikerahkan untuk menyosialisasikan PHBS hingga ke lapisan masyarakat paling bawah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...