Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Dua Kelurahan di Solo Diperiksa, Diduga Ada Kontak dengan Pasien Positif Corona

0 1.321

MURIANEWS, Solo – Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyebutkan telah memeriksa puluhan warga di dua kelurahan di Solo. Hal itu dilakukan setelah tim yang diterjunkan Dinas Kesehatan Kota (DKK) untuk menelusuri jejak dua pasien positif virus corona melapokan ada dugaan kontak fisik di dua kelurahan tersebut.

Rudy menyebut, langkan ini merupakan upaya preventif yang dilakukan pemkot setempat untuk menghindari corona. Hanya, ia enggan menyebutkan dua kelurahan tersebut.

“Kami dapat informasi (Rabu) sore jelang malam. Seketika itu langsung kami terjunkan tim ke lokasi yang kemungkinan dikunjungi dua pasien corona tersebut,” ungkapnya seperti dikutip Solopos.com.

“Saat baru diisukan suspect langsung kami tracking. Ini merupakan antisipasi dari awal,” katanya lagi.

Baca Juga:

Seperti diketahui sebelumnya ada dua pasien positif corona yang dirawat di RSUD Dr Moewardi Solo. Satu di antaranya dinyatakan meninggal dunia, Rabu (11/3/2020).

Saat ini, Solo bahkan dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) corona. Sebelum itu, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mulai Rabu (11/3/2020) hingga Jumat (13/3/2020) sudah mengerahkan tim untuk melacak riwayat kontak dua pasien tersebut. Hasilnya, keduanya diduga sempat ada kontak di dua kelurahan.

Rudy menyebut kedua pasien positif corona sebelumnya memang mengikuti seminar di Bogor. Sepulang dari Bogor, dua pasien yang diisolasi sempat berada di daerah di Solo. Kata Rudy, satu pasien yang akhirnya meninggal dibawa ke Magetan untuk dikebumikan.

Selain melakukan pelacakan kontak, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga gencar sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). PHBS diyakini dapat mencegah penyebaran virus corona.

“Etika batuk ditutup, cuci tangan memakai sabun, dan olahraga jaga makanan, itu saja. Tidak berat kok,” katanya menjelaskan isi PHBS.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.