Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Terpilih Melalui Mekanisme PAW, Petinggi Baru Desa Bandungrejo Jepara Dilantik

MURIANEWS, Jepara – Warga Desa Bandungrejo, Kalinyamatan, akhirnya mendapatkan petinggi desa secara definitive. Ini terjadi setelah Suratmin yang terpilih melalui proses Pergantian Antar Waktu (PAW) dilantik, Jumat (13/3/2020).

Sebelumnya, jabatan Petinggi Desa Bandungrejo diampu oleh Sekcam Kalinyamatan sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Petinggi. Hal ini terjadi setelah Petinggi Desa Budi Setyawan meninggal dunia pada September 2019 lalu.

Suratmin sendiri dilantik secara langsung oleh Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi di Pendopo Balai Desa setempat. Pensiunan guru ini dilantik setelah terpilih dalam proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Petinggi Desa Bandugrejo, pada 15 Febuari 2020 lalu.

Musyawarah Desa dengan agenda PAW Petinggi Desa, saat itu dikuti diikuti pimpinan dan anggota BPD, perangkat desa, dan ketua dari Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD). Selain itu juga ada tokoh agama, tokoh pendidik, tokoh masyarakat, serta perwakilan kelompok profesi.

Melalui pemilihan yang digelar dalam Musdes tersebut, dari 202 hak suara, Suratmin berhasil meraih suara sebanyak 132 suara. Perolehan ini mengugguli dua rivalnya masing-masing Akhtris Noor Wahyudi (63 suara) dan Nurul Khakim yang tidak mendapatkan suara satupun. Sisanya, empat suara dinyatakan tidak sah, dan tiga pemilih tidak hadir.

Setelah resmi dilantik, Suratmin menyatakan siap bekerja dan melayani dengan baik. Pihaknya akan fokus melanjutkan visi-misi petinggi sebelumnya. Di antaranya sektor perekonomian, pendidikan, dan kesehatan.

“Saya akan melanjutkan program-program yang telah direncanakan petinggi sebelumnya. Karena tugas saya memang hanya melanjutkan masa kerja petinggi lama, sampai tahun 2022,” ujar Suratmin.

Sementara itu, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta agar Suratmin bisa segera bekerja melaksanakan tugasnya. Petinggi baru ini juga diminta untuk bisa merangkul semua bagian masyarakat, agar proses pembangunan bisa berjalan dengan baik.

“Tidak hanya untuk Petinggi Desa Bandungrejo, tapi untuk semua petinggi desa yang ada, saya juga meminta agar selalu meningkatkan kemampuan dan kompetensi. Selain itu juga harus mampu melakukan pengelolaan keuangan desa dengan tertib, transparan, akuntabel, dan dapat dipertanggung jawabkan. Anggaran yang semakin besar masuk ke desa, menuntut adanya transparansi serta tertib dalam pengelolaannya,” ujar Dian Kristiandi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...