Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hasil Puslabfor Kebakaran Matahari Mal Segera Diserahkan ke Pemkab Kudus

0 667

MURIANEWS, Kudus – Kepolisan Resor Kudus (Polres) segera menyalinkan dan memberikan hasil penyebab kejadian terbakarnya bangunan Matahari Plaza dua tahun silam, pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus dalam waktu dekat.

“Kami akan salinkan dan menyerahkan segera  hasil Puslabfor itu ke pemkab,” kata Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi, Jumat (13/3/2020).

Ia menyebut, lamanya penyerahan hasil pemeriksaan kebakaran itu, lantaran Polres Kudus sempat berpindah kantor.

Walau demikian, pihaknya memastikan salinan hasil Puslabfor tersebut tidak akan hilang dan akan dikirimkan segera.“Kami butuh waktu, kami pastikan segera dikirim ke sana,” terangnya.

Sementara Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kudus Eko Djumartono mengatakan, surat keterangan hasil Puslabfor tersebut akan menjadi dasar penghapusan aset bangunan Matahari.

‎Tanpa adanya surat keterangan tersebut, pihaknya tidak bisa melakukan penghapusan aset atau merobohkan bangunan yang hingga saat in masih mangkrak.

“Bangunan tiga lantai ini tidak bisa dimanfaatkan karena bekas kebakaran. Maka rencananya akan dirobohkan,” katanya.

Eko menyebut, rencana perobohan bangunan merupakan pilihan ideal. Dibanding dengan melakukan penguatan bangunan dengan penyuntikan beton.

Hal tersebut dikarenakan biaya perobohan dan pembangunan kembali hampir sama dengan penyuntikan beton. “Biayanya hampir sama, lebih untung membangun baru daripada menyuntikkan beton,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mengkonsultasikan hal ini ke BPK. Dengan hasil yang menyebutkan bahwa penghapusan aset tersebut, tidak perlu mendapat persetujuan DPRD karena bangunan sudah tidak utuh. “Sebelumnya kami juga berkonsultasi ke Kemendagri, tapi memang belum di balas,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.