Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tolak Omnibus Law, Buruh dan Mahasiswa Demo di Depan Gubernuran Jateng

0 144

MURIANEWS, Semarang – Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Perkayuan dan Kehutanan Indonesia (Kahutindo) bersama mahasiswa dan aliansi Rakyat Jawa Tengah Melawan (RAJAM) menggelar aksi di depan Gubernuran Jateng, Rabu (11/3/2020). Mereka menuntut pemerintah membatalkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Omnibus Law Cipta Kerja yang mengatur tentang ketenagakerjaan.

Sebelum menuju kantor Gubernuran, ribuan massa tersebut berkumpul di Bundaran Tugu Tunas, Jalan Pahlawan Semarang. Mereka bahkan sudah mulai berkumpul pukul 07.30 WIB. Aksi tersebut dikawal oleh aparat kepolisian, mereka juga melakukan gerak jalan jarak jauh menuju pusat kota pukul 10.00 WIB.

Sambil melakukan orasi mereka pun merangsek menuju ke Kantor DPRD Jateng atau kompleks Gubernuran Jateng dan menunggu para aksi demo yang lainnya.

Koordinator Umum Aksi, Deni mengatakan peserta aksi demo ini merupakan gabungan dari semua elemen. Mulai dari buruh tani, nelayan, NGO, dan mahasiswa.

Dani mengatakan penolakan Omnibus Law ini dilatarbelakangi oleh penyusunan draf RUU Cipta Kerja tanpa melibatkan elemen masyarakat sipil. ”Masyarakat sipil tidak ikut dilibatkan, padahal nantinya akan ikut terkena dampaknya,” katanya.

Selain itu, ia menilai janji pemerintah jika RUU akan menarik investor untuk membuka lapangan kerja baru dan menyerap jumlah pengangguran juga tak didapatkan dalam RUU ini. Apalagi setelah dipelajari pasal-pasal yang terkandung di dalamnya justru mengandung hal-hal yang merugikan dan mengabaikan pemenuhan hak-hak buruh.

Sementara itu, Wahyudi Ketua Konfedrasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBI), juga menyatakan bahwa draf UU tersebut merugikan kaum pekerja. Karena itu, ia meminta oemerintah lebih bisak.

”Kami berharap DPR menghentikan pembahasan draf UU Omnibus Law,” tandasnya.

 

Penulis: Nicky Kholilatum Muyassaroh
Editor: Supriyadi
Sumber: Rmol Jateng, Tribunews.com

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.