Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelepasan Ratusan Merpati Tandai Pembukaan Ta’sis Masjid Menara Kudus

0 512

MURIANEWS, Kudus – Pembukaan perayaan Ta’sis Masjid al-Aqsha Menara Kudus dilakukan secara resmi di Panggung Utama Menara, Selasa (10/3/2020). Pembukaan tersebut ditandai dengan penerbangan 485 merpati.

Ketua Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) KH Em Nadjib Hassan mengatakan, sebelumnya upacara pembukaan pada Selasa pagi sudah ada pasar kuliner jadul.

Pada pembukaan itu, ada sebanyak 485 merpati yang diterbangkan. Jumlah itu sesuai dengan perayaan Ta’sis Masjid Menara Kudus ke 485.

“Sore ini kita awali acara Ta’sis Masjid yang ke 485. Karena kita yakini masjid dibangun oleh Sunan Kudus pada Selasa Kliwon, bertepatan pada 23 Agustus 1549,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada banyak rangkai acara pada perayaan berdirinya Masjid Menara Kudus itu. Mulai dari pasar Kuliner Jadul akan dilangsungkan selama empat hari 10-13 Maret 2020 di jalan Menara.

Baca: Ta’sis Masjid Menara Kudus Kembali Digelar, Ini Rangkaiannya

Khatamanal-Qur’an akan dilaksanakan sebanyak 19 kali khataman putra dan 19 kali khataman putri dan akan melibatkan seluruh pondok pesantren tahfidh se-Kabupaten Kudus. Acara ini akan dilaksanakan pada malam Rabu 11 Maret 2020 TU di Panggung Utama, Masjid dan Makam Sunan Kudus.

Setelah khataman, acara dilanjutkan dengan pembacaan Qasidah al-Barzanji dengan lagu khas Menara Kudus.

Ada juga penampilan kolosal 19 grup terbangan, Kirab Banyu Penguripan, dan Muhibah International Menara Bersholawat yang akan mendatangkan Grup Hadrah Ar-Ridlwan al-Marashli dari Mesir. Grup Hadrah dari Timur Tengah ini bakal berkolaborasi dengan seniman Rebana Ahbabul Musthofa Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.