Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Catat! Ini Besaran Biaya Resmi Tes Psikologi untuk Pemohon SIM di Pati

MURIANEWS, Pati – Tes Psikologi bari para pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru maupun perpanjangan, sudah dilakukan pada Senin (9/3/2020) kemarin.

Masyarakat kabupaten Pati pun penasaran dengan biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, mereka juga bertanya tanya terkait materi yang akan diujikan dalam tes psikologi itu.

Pada kesempatan ini, MURIANEWS mendapatkan kesempatan untuk mengulas lebih rinci biaya administrasi dan materi yang akan diujikan.

Tester psikologi dari PT Edisantoso Konsultan Psikologi yang merupakan rekanan Polda Jateng Nurul Widayati mengatakan, untuk biaya administrasi pemohon SIM dikenalan biaya Rp 50 ribu. Besaran tersebut berlaku untuk setiap golongan SIM

“Sementara, jika ada satu pemohon membuat dua SIM sekaligus, maka biayanya Rp 75 ribu,” katanya, Selasa (10/3/2020).

Baca Juga:

Lebih lanjut, untuk mekanismenya, pemohon bisa datang langsung ke kantor tester Psikologi, yakni di depan STIMIK AKI Jalan Kamadowo Pati. Sampai di lokasi, pemohon bisa langsung daftar dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Petugas registrasi akan memberikan nomor antrean untuk dilakukan tes psikologi. Lama tes ini diperkirakan mencapai 30 menit. Bentuk ujiannya adalah tertulis dengan 40 soal untuk SIM A dan 20 soal untuk SIM C.

“Materi yang diujikan adalah terkait kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan menyesuaikan diri, stabilitas emosi dan ketahanan kerja,” terangnya.

Setelah selesai ujian, maka petugas akan memeriksa hasil ujian para pemohon. Setelah dinyatakan lolos, pemohon akan mendapatkan surat keterangan lolos dan tidak.

“Sekali ujian, kami langsung menguji 20 orang. Waktu penyelesaian 30 menit,” imbuhnya.

Ketika surat keterangan sudah diberikan oleh pihak tester psikologi, pemohon bisa langsung menggunakan surat itu membuat SIM.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...