Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Overload, TPA Tanjungrejo Kudus Hanya Mampu Bertahan Beberapa Bulan Saja

MURIANEWS, Kudus – Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Tanjungrejo, Kudus, kondisinya saat ini sudah overload. Jika tak ada penambahan lahan, maka dalam beberapa bulan ke depan TPA ini sudah tak mampu menampung sampah dari masyarakat.

Hal ini dikaui Kabid Kebersihan dan Pertamanan pada Dinas PKLH Kabupaten Kudus Suparmin, Senin (9/2/2020). Ia mengatakan, jika tidak ada penambahan lahan maka tempat buangan sampah akan penuh.

“Untuk lahan, sejak tahun 2015 sudah diajukan terus. Namanya anggaran tidak mencukupi,” jelasnya.

Ia mengatakan, lahan untuk pengelolaan sampah ini hanya mampu bertahan beberapa bulan saja. Meskipun demikian, pengelolaan sampah akan tetap dilakukan secara maksimal.

Sementara terkait kebutuhan lahan, menurut dia paling tidak membutuhkan lahan seluas enam hektare. Dengan tambahan lahan seluas itu, maka TPA bisa beroperasi dalam jangka waktu antara 10 hingga 15 tahun.

Baca: TPA Tanjungrejo Kudus Direncanakan Tak Lagi Kelola Sampah Perusahaan

Sementara Kepala UPT pengelolaan TPA Persampahan Bambang Purnomo mengatakan, setiap harinya TPA Tanjungrejo menerima kiriman sampah sekitar 120-130 ton. Luas lahan yang digunakan untuk menampung sampah-sampah ini hanya 4,6 hektare saja.

“Kemudian fasilitas yang lain juga masih kurang. Seperti alat beratnya juga masih kurang,” jelasnya.

Ketua DPRD Kudus Masan mengatakan, pihaknya akan segera melakukan tindak lanjut dengan usulan tersebut. Apalagi, pengelolaan sampah ke depan diutamakan untuk sampah yang dari masyarakat.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...