Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

TPA Tanjungrejo Kudus Direncanakan Tak Lagi Kelola Sampah Perusahaan

0 121

MURIANEWS, Kudus – Tempat Pengelolaan Sampah Akhir (TPA) Tanjungrejo, di Kecamatan Jekulo, Kudus, direncanakan tak akan lagi memproses sampah dari perusahaan maupun pihak swasta lainnya. TPA tersebut bakal difokuskan untuk mengelola sampah dari masyarakat atau sampah rumah tangga.

Nantinya perusahaan maupun pihak swasta lainnya harus bertanggungjawab sendiri terhadap pengelolaan sampah mereka.

Untuk memuluskan rencana ini, Ketua DPRD Kudus Masan melakukan peninjauan di TPA Tanjungrejo, Senin (9/3/2020). Sidak ini memastikan bahwa pelayanan pengelolaan sampah berjalan dengan baik.

Menurut dia, rencananya ke depan TPA ini akan mengutamakan sampah dari masyarakat. Bukan sampah dari perusahaan dan pihak swasta.

“Ini sebagai pelayanan masyarakat yang maksimal. Selain itu, karena keterbatasan ruang (TPA), keterbatasan anggaran yang ada di Dinas PKLH dan armadanya juga terbatas,” katanya.

Ia menyebut, awalnya seluruh sampah baik dari masyarakat maupun dari mal, rumah sakit, perusahaan dan pihak lain dikirim dan diolah di TPA. Dengan kebijakan baru nanti, TPA hanya akan menangani sampah dari masyarakat.

“Itu (sampah perusahaan) biar menjadi tanggung jawab perusahaan masing, yang tentunya diharapkan mereka mengelola sampahnya sendiri. Pemda memfasilitasi TPA,” jelasnya.

Pihaknya juga berencana untuk mengubah perda tentang pengelolaan sampah. “Tujuan Kudus biar bersih, nanti kita berharap kita gratiskan. Upaya menuju gratis,” ungkapnya.

Sementara Kepala UPT pengelolaan TPA Persampahan Bambang Purnomo mengatakan, setiap hari di TPA Tanjungrejo menerima sekitar 120-130 ton sampah. Sementara luas lahan yang ada sekitar 5,6 hektare.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.