Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Fosil Ditemukan Warga di Pegunungan Patiayam

0 410

MURIANEWS, Kudus – Sejak dua bulan terakhir yakni Januari–Februari 2020, puluhan fosil hewan purba kembali ditemukan di kawasan Patiayam turut Desa Terban Kudus. Hanya, dari petugas Museum Purbakala Patiayam Kudus belum mengidentifikasi temuan tersebut.

Petugas Museum Purbakala Patiayam Kudus, Jamin mengatakan, fosil ditemukan oleh warga di kawasan pegunungan yang berada di Kabupaten Kudus dan Pati itu.

“Awal tahun ini sudah ada puluhan penemuan fosil baru. Hanya untuk jumlah fragmen belum lakukan identifikasi lebih lanjut,” ujarnya, Sabtu (7/3/2020).

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan identifikasi untuk mengetahui jumlah temuan tersebut. Selain itu juga dapat mengetahui jenis lebih rinci terkait hewan purba yang ditemukan.

“Untuk mengetahui usia fosik, kami sudah diberikan bekal, situs plestosen purbakal itu di Patiayam, fosil yang ditemukan itu berusia 700 ribu tahun hingga 1,5 juta tahun yang lalu,” jelasnya.

Kebanyakan fosil hewan purba yang ditemukan di Patiayam, seperti banteng, kerbau, gajah, hingga hewan laut. Saat ini sudah ada ribuan fosil yang sudah disimpan di Musuem Purbakala Patiayam Kudus.

Tercatat ada sebanyak 8.000 fosil. Jumlah itu yang sudah dilakukan identifikasi oleh petugas Museum Patiayam Kudus.

“Sedangkan fosil yang sudah didislay ada 40 fragmen, seperti hewan laut, gajah, hewan rawa, dan juga hewan laut,” tandasnya.

Ditambahkan dia, pekan depan pihanya berencana untuk memberikan tali asih kepada warga yang menemukan fosil. Hal tersebut rutin dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada warga yang menemukan fosil.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.