Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Perbatasan Kudus-Demak Terpaksa Sekolah dan Seberangkan Motor Pakai Perahu Eretan

0 5.408

MURIANEWS, Kudus – Warga di Desa Undaan Kidul, Kecamatan Undaan, Kudus, menggunakan perahu eretan untuk menyeberangi Sungai Wulan yang menghubungkan Kabupaten Demak. Mereka menggunakan perahu untuk kegiatan sehari-hari mulai sekolah hingga ke pasar.

Bahkan sepeda motor pun diseberangkan menggunakan perahu ini. Warga yang berada di Undaan Kidul Kecamatan Undaan, Kudus atau yang berada di Desa Undaan Kidul, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak itu lebih memilih menggunakan perahu eretan.

Karena jika melalui jalan darat jaraknya lebih jauh. Ditambah lagi, hingga saat ini belum ada jembatan yang menghubungkan dua wilayah itu.

Salah satu warga, Partoyo mengungkap perahu eratan ini sangat penting. Terutama bagi warga di Undaan Kidul di Kudus dan warga Undaan Kidul di Kecamatan Karanganyar, Demak.

Karena, warga di dua desa itu sering akses ke Kudus atau ke Demak. Seperti dia, yang merupakan warga Undaan Kidul Demak mengaku sawahnya berada di Kudus. Sehingga harus menggunakan perahu untuk menyeberangi Sungai Wulan.

“Sehari bisa dua kali menyebrangi Sungai Wulan,” jelasnya, Rabu (4/3/2020).

Ia berharap agar dari pemerintah daerah membangun jembatan. Apalagi, transportasi di lokasi tersebut sangat penting bagi warga sekitar. “Harapannya dari pemerintah agar memberikan bantuan jembatan,” jelasnya.

Petugas dan pemilik perahu eretan Noor Sidi (62) mengatakan, iperahu eretan sudah beroperasi sejak tahun 1970 an hingga sekarang.

Ia mengatakan, sekali naik perahunya itu warga harus membayar seribu rupiah untuk pejalan kaki. Sedangkan warga yang membawa kendaraan harus membawa Rp 3 ribu.

“Itu sekali jalan. Kalau pulang pergi jalan kaki Rp 2 ribu, kemudian yang membawa kendaraan sepeda motor Rp 6 ribu,” jelasnya.

Dalam sehari, ratusan warga menyeberangi Sungai Wulan menggunakan perahu eretan itu. Seperti warga ke sawah hingga pelajar sekolah yang dari Demak menuju Kudus.

Sedangkan, tambahnya pada saat musim hujan hingga ketinggian air Sungai Wulan penuh, maka perahu eratan tidak beroperasi.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.