Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Hektare Tanaman Padi di Kudus Alami Puso

0 175

MURIANEWS, Kudus – Ratusan hektare tanaman padi di wilayah Kabupaten Kudus mengalami puso. Ini dikarenakan tanaman padi tersebut terendam banjir.

Kasi Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Arin Nikmah mengatakan, ada sekitar 112 hektare tanaman padi yang terendam banjir dan akhirnya puso.

“Lahannya tersebar di lima kecamatan, mulai dari Mejobo, Kaliwungu, Jekulo, Jati, dan Undaan,” ujarnya, Rabu (4/3/2020).

Ia merinci, tanaman padi yang puso di Kecamatan Kaliwungu tercatat seluas 35 hektare. Kemudian di Kecamatan Undaan seluas 31 hektare, Kecamatan Jati 22 hektare, Kecamatan Jekulo seluas 20 hektare, dan Kecamatan Mejobo seluas 4 hektare. “Paling luas memang di Kecamatan Kaliwungu,” jelasnya.

Ditambahkan, bahwa petani yang tenamannya diikutkan dengan program asuran usaha tani padi (AUTP), maka tidak perlu khawatir. Sebab nantinya akan mendapatkan klaim ganti rugi.

Terpisah, Camat Kaliwungu Harso Widodo membenarkan bahwa di daerahnya memang ada tanaman padi yang puso akibat terendam banjir selama beberapa hari ini.

Menurutnya, kualitas tanaman padi pascabanjir juga mengalami penurunan. “Para petani sudah memprediksi harganya bakal jatuh,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.