Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bloodjek PMI Kudus Mulai Dioperasikan, Antarkan Darah Donor ke Pasien Secara Gratis

MURIANEWS, Kudus – Bloodjek di Kabupaten Kudus mulai dioperasikan mulai 1 Maret 2020 kemarin. Beberapa rumah sakit di Kudus pun mulai memanfaatkan layanan jasa milik PMI Kudus tersebut.

Bloodjek sendiri merupakan layanan pengantar darah yang disediakan PMI Kudus dengan spesifikasi boks pengangut khusus untuk memangkas waktu pengiriman darah. Terutama dalam kondisi kegawat daruratan. Layanan ini diberikan secara gratis.

Kepala Markas PMI Kudus Arsi mengatakan sejak pengoperasiannya, Bloodjek sudah mulai dimanfaatkan pihak rumah sakit untuk antar darah. Pihak yang pertama memakai layanan bloodjek adalah RS Aisyiah Kudus.

“Kemarin tiga kantong darah sudah didistribusikan via Bloodjek ke sana (RSU Aisyiah),” ucapnya via telepon, Selasa (3/3/2020).

Pihaknya pun mempersilahkan pada setiap fasilitas kesehatan atau masyarakat yang membutuhkan darah untuk memanfaatkan layanan tersebut. Terutama saat kondisi kegawat daruratan yang membutuhkan darah dalam waktu cepat.

Walau demikian, layanan Bloodjek atau layanan antar darah yang dikeluarkan PMI Kudus tersebut dipastikan tetap sesuai prosedur yang ada. Pelayanan pengantaran darah akan tetap melibatkan pihak rumah sakit sebagai penerima darah.

“Fasilitas ini gratis untuk rumah sakit yang tidak memiliki bank darah,” tambahnya.

Pihaknya pun berharap layanan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat luas yang membutuhkan. Selain layanan Bloodjek, sumbangan untuk korban bencana alam juga terus dilakukan pihaknya dengan menggunakan Bulan Dana PMI 2019 lalu.

“Ini merupakan bentuk pengembalian sumbangan masyarakat kemarin, semoga bermanfaat,” terangnya.

Selain itu, pengupayaan ketersediaan stok darah juga terus dilakukan. Pemenuhan dilakukan dengan cara menggandeng pihak-pihak swasta maupun Pemkab Kudus untuk menggelar acara donor darah.

“Kami terus upayakan pemenuhan stok darah dari berbagai jenis, mobil donor juga kami maksimalkan” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...