Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hujan Abu Merapi, PMI Boyolali Bagikan Masker Gratis

MURIANEWS, Boyolali – Hujan abu vulkanik yang terjadi di Kabupaten Boyolali membuat PMI setempat berinisiatif membagikan masker gratis di sekitar jalan Boyolali-Solo, Selasa (3/03/2020). Hal itu dilakukan lantaran, abu vulkanik yang timbul akibat erupsi Gunung Merapi dapat menganggu sistem pernafasan para pengendara.

Agung Susanto (37), warga Ketaon, Kecamatan Banyudono mengatakan, hujan abu yang menimpa wilayahnya terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Dua jam kemudian, abu masih turun meski dengan intensitas yang lebih kecil.

”Sampai sekarang masih hujan, malah agak tebel sih,” kata Agus Susanto seperti dikutip Tribunjateng.com.

Sepanjang jalan raya Boyolali-Solo juga terkena dampak abu vulkanik. Akibatnya, Sejumlah pengendara kendaraan memakai jas hujan dan masker untuk melindungi diri dari abu vulkanik.

Baca Juga:

Melihat hal itu, Staf PMI Boyolali Slamet Haryanto yang dibantu oleh sejumlah beberapa polwan Polres Boyolali dan Kodim 0724/Boyolali membagikan masker secara gratis kepada pengguna jalan yang tidak menggunakan masker.

”Masker ini kami berikan gratis karena kondisi saat ini masuk kategori emergency. Terutama pada pengendara. Apalagi, debi ini cukup besar dampaknya untuk pernafasan,” tambahnya.

Meski begitu, ia mengakui jumlah masker saat ini terbatas. Karenannya, ia meminta kepada para pengendara yang tidak kebagian masker untuk bisa menutup hidungnya dengan kain saat berkendara.

“Bagi yang tidak memiliki masker, karena masker terbatas di pasaran bisa menutup hidung pakai kain,” imbuhnya.

 

Penulis: Herda Vita Lesti
Editor: Supriyadi
Sumber: Tribunjateng

Comments
Loading...