Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bangganya Plt Bupati Kudus Pada Anggota Damkar: Mereka Relawan Sejati

MURIANEWS, Kudus – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus menyatakan kebanggaan terhadap relawan pemadam kebakaran. Ia pun tak segan memuji para petugas pemadam kebakaran yang bertugas di Kabupaten Kudus.

Hartopo, menyebut jika mereka adalah relawan sejati yang bekerja bertaruh nyawa tanpa pamrih.

“Mereka adalah relawan tanpa pamrih yang membantu sesama dengan ikhlas,” ucapnya usai memotong tumpeng perayaan HUT Damkar di Alun-alun Simpang Tujuh, Minggu (1/3/2020).

Walau demikian, Hartopo mengharapkan adanya peningkatan dalam kualitas skill dari para pemadam kebakaran. Mengingat seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih. Termasuk di dalamnya teknologi pemadaman api.

“Peningkatan skill ini sangat perlu, bisa mendapat bimbingan dari pihak-pihak yang ahli,” katanya.

Soal penambahan armada pemadam kebakaran, Hartopo mengatakan akan mempertimbangkannya. Yakni dengan melihat anggaran yang tersedia. “Kami pertimbangkan, akan kami lihat mana dulu yang lebih penting,” terangnya.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Djati Solechah mengatakan, jumlah armada pemadam kebakaran di Kudus kurang lebih terdapat 40 unit. Jumlah tersebut merupakan gabungan milik pemkab Kudus maupun milik perusahaan –perusahaan yang ada di Kudus.

“Sedangkan jumlah personel mencapai 200 orang,” ujarnya.

Dengan jumlah tersebut, lanjut Djati, potensi bencana kebakaran yang ada di Kota Kretek sudah bisa teratasi. Hanya, tambahnya, semua lini dan elemen harus tetap berkoordinasi dan juga berkolaborasi dalam penanggulangan ini.

“Jika semua berkolaborasi, swasta dan pemerintah, maka semua bisa teratasi,” lanjutnya.

Dalam hal ini, Djati mencontohkan kasus kebakaran Matahari Departemen Store yang terbakar dua tahun silam. Saat itu puluhan armada bahu membahu hingga pada akhirnya bisa menyelamatkan lantai satu gedung tersebut. “Itu adalah bentuk kolaborasi yang nyata,” ujarnya.

Selama ini, tambah Djati, Satpol PP yang ditunjuk sebagai koordinator damkar bersama dengan damkar swasta sudah menjalin komunikasi yang baik. Termasuk bersama – sama melakukan pelatihan SDM guna meningkatkan kualitas dan profesionalisme personel.

“Karena selalu ada perkembangan baru dalam ilmu bidang damkar yang harus selalu diikuti,” terangnya.

Dalam acara HUT Damkar ke-101 tersebut juga, turut diadakan lomba memadamkan api secara tradisonal. Yakni dengan menggunakan kain basah dan diikuti oleh sembilan kecamatan di Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...