Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hilang di Bangka, KM Sampurna Jaya Ditemukan Terbalik di Perairan Karimunjawa

0 2.825

MURIANEWS, Jepara – Sebuah kapal porsein ditemukan dalam posisi terbalik di Perairan Karimunjawa. Nelayan-nelayan asal Jepara yang sedang mencari ikan menemukannya pada Jumat (28/2/2020), dan ditarik ke Karimunjawa esok harinya.

Nahkoda Kapal Sumedang Agung asal Rembang, Basri (45) menyebut pihaknya menemukan kapal yang belakangan diketahui KM Sampurna Jaya milik warga Jakarta itu pada koordinat 06.05.914 110.24.195.

Saat ditemukan kondisinya terbalik dan tidak temukan ABK (Anak Buah Kapal). Setelah meneruskan kegiatan mencari ikan, kapal tersebut kemudian ditarik ke Karimunjawa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Arwin Noor Isdiyanto, menyatakan dari informasi yang diterimanya ada beberapa temuan dalam kapal tersebut. Temuan paling krusial adalah keberadaan E-KTP sebanyak delapan buah yang memuat identitas penumpang kapal.

E-KTP yang ditemukan masing-masing atas nama Maskani (27) dan Oom (54) yang sama-sama beralamat di Plaosan, Desa Sampiran,Talun, Cirebon. Kemudian Iswandi (45) dan Raup (47) masing-masing beralamat di Desa Selangit, Klanggenan, Tegal.

Lalu masih ada Norsoban (24), Desa Pesurungan,Tegal Barat, Tegal, Sunarto (50),Tegal Timur, Tegal, Moh Gunawan (20), Desa Pesurungan Kidul,Tegal Barat, Tegal dan Yanto (24), Desa Kreyo, Klanggenan, Tegal.

“Jadi pada hari ini kapal yang sudah ditarik ke Karimunjawa diapungkan kembali. Kemudian juga terus dikoordinasikan mengenai kecelakaan ini. Dari dokumen kapal yang ditemukan kapal diketahui milik warga Jakarta,” ujar Arwin Noor Isdiyanto, Minggu (1/3/2020).

Dari dokumen kapal yang ditemukan diketahui pemilik kapal Sampurna Jaya adalah Carman, warga Kalibaru Timur, Cilineing, Jakarta Utara. Sedangkan Kapten kapal Bapak diketahui bernama Raup, warga Desa Kreyo, Klangenan Cirebon.

Jumlah ABK KM “Sampurna Jaya” sendiri diketahui berjumlah 11 orang. Dari hasil kordinasi dan komunikasi, kapal ini dilaporkan hilang di Perairan Bangka. Kepastian mengenai hal ini masih akan terus dikonfirmasikan dengan beberapa pihak.

“Dari informasi yang sudah dikordinasikan sementara ini ada 9 orang ABK dari kapal ini dinyatakan selamat. Sedangkan 2 orang ABK disebutkan hilang dan masih dalam pencarian,” tambah Arwin Noor Isdiyanto.

Kapal Sampurna Jaya sendiri sampai Minggu (1/3/2020) sudah diamankan di Kantor Syahbandar Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.