Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lestarikan Budaya Leluhur, Para Penyandang Disabilitas Pati Ini Main Karawitan

MURIANEWS, Pati – Keterbatasan fisik tak menciutkan minat para penyandang disabilitas Kabupaten Pati untuk terus melestarikan warisan leluhur. Dengan bangga, mereka berlatih kesenian karawitan.

Mereka yang tergabung dalam Komunitas Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Pati ini, memang sangat antusias. Bahkan ada juga yang terlihat menggunakan kursi dari ember, lantaran tak bisa duduk lesehan.

Ketua PPDI Kabupaten Pati Suratno mengatakan, mereka memang cukup lama memiliki keinginan berlatih karawitan. Mereka ingin turut melestarikan budaya asli Jawa tersebut.

“Tentunya kami juga ingin menunjukkan. Meskipun teman disabilitas punya kekurangan, tapi jangan dianggap merepotkan atau tidak punya kemampuan. Kami justru bisa mandiri dan tidak berbeda,” katanya.

Dia menambahkan, untuk fasilitas alat itu memang disediakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati. Saat ini mereka telah rutin berlatih setiap minggunya di area Pendopo Kemiri.

“Memang ada kesulitan karena baru kali pertama belajar karawitan tapi kami tidak mau putus asa. Bahkan banyak teman yang datang dari jauh-jauh untuk ikut belajar karawitan ini,” imbuhnya.

Sementara itu Bondan Rohadi, pelatih karawitan penyandang disabilitas itu merasa bangga dapat turut mendampingi mereka berlatih. Baginya antusias anggota PPDI itu patut diapresiasi lantaran mereka dengan bangga ikut melestarikan seni tradisional.

“Saya memang berharap semua orang bisa ikut melestarikannya. Terutama anak muda, jangan terlalu banyak bermain gawai tapi bisa ikut juga melestarikan kebudayaan bangsa ini. Jangan sampai nanti kekayaan luhur kita justru diakui bangsa lain,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...