Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Rakerdin LP Ma’arif Pati Raya, Guru Diminta Cetak Murid Religius dan Nasionalis

0 126

MURIANEWS, Pati – Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah (Jateng) menggelar Rapat Kerja Dinas (Rakerdin) di Hotel New Merdeka Pati, Sabtu (29/2/2020). Dalam Rakerdin itu, isu sentral yang dibahas adalah terkait peningkatan kualitas guru madrasah.

Bahwa peranan kepala madrasah dan guru sangat penting untuk mendorong kemampuan siswa dalam pembelajaran. Apalagi, saat ini penguatan skill atau keterampilan siswa tengah digelorakan.

Ketua LP Ma’arif PWNU Jateng Andi Irawan mengatakan, kali ini pihaknya memang mengangkat isu mutu kepala sekolah maupun guru. Hal itu menjadi visi dari LP Ma’arif sendiri.

“Kebanyakan Maarif itu kan berada di desa, menengah ke bawah, manajemennya pun belum modern. Sehingga, kami melakukan rakordin ini adalah untuk peningkatan mutu kepala madrasah dan guru dalam rangka peningkatan mutu tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, letak keberhasilan madrasah itu adalah pada mutu kepala madrasah dan gurunya. Karena, mereka itu menjadi cermin, panutan, dan tuntunan bagi siswanya.

Kemudian, lanjut Andi, isu yang kedua dalam Rakerdin tersebut adalah penguatan ideologi ahlu sunnah wal jamaah an-nahdliyah. Dalam ideologi itu, yang kita usung adalah islam moderat dan nasionalisme.

“Hal ini bagaimana agar para guru dan siswa melalui pelajaran ke-NU-an bisa memperkuat ideologi islam moderatnya dan bisa memperkuat ideologi nasionalismenya, sehingga kita bisa menghalau kelompok-kelompok yang mencoba meruntuhkan NKRI,” tegasnya.

Dalam LP Maarif sendiri, pihaknya juga mengaku ingin melahirkan generasi religius dan juga nasionalis.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.