Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Visa Umrah Dihentikan Sementara, Puluhan Warga Grobogan Gagal Terbang ke Tanah Suci

MURIANEWS, Grobogan – Kebijakan Pemerintah Arab Saudi menunda visa kunjungan umrah untuk sementara waktu mulai membawa dampak di berbagai kota. Termasuk, adanya puluhan calon jemaah umrah asal Grobogan yang gagal terbang ke tanah suci.

Kebijakan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona baru, Covid-19.

Kepala Cabang PT Impressa Media Wisata Grobogan Wiedji Mulyati mengatakan, pihaknya baru saja memberangkatkan dua kelompok jemaah umrah dengan transit dulu di Malaysia. Dari dua kelompok, hanya satu kelompok yang bisa terbang ke Arab Saudi melalui Jeddah.

“Kelompok yang bisa berangkat sebanyak 50 orang ini terbang dari Kuala Lumpur sebelum waktu subuh tadi. Siang tadi sudah mendarat di Jeddah dan saat ini masih proses pemeriksaan kesehatan,” katanya pada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Untuk satu kelompok yang gagal berangkat sedianya dijadwalkan terbang dari Kuala Lumpur ke Jeddah pada siang hari, sekitar pukul 13.00 WIB. Lantaran tidak jadi terbang ke Tanah Suci, satu kelompok ini akan dipulangkan ke Tanah Air secepatnya.

Nantinya, keberangkatan satu kelompok ini akan dijadwalkan ulang menunggu perkembangan situasi.

Sementara itu, Asih Puji Lestari selaku penanggungjawab Biro Makani Tour and Travel Purwodadi mengatakan, pihaknya baru saja memulangkan 36 orang jemaah umrah yang sudah terlanjur berangkat dan transit di Kuala Lumpur, Malaysia. Rencananya, dari Kuala Lumpur, mereka ini akan terbang langsung menuju Madinah.

“Karena ada kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi, mereka ini akhirnya tidak bisa berangkat umrah dan akhirnya kita pulangkan. Baru pagi tadi mereka mendarat di Indonesia,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...