Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

37 Badan Kredit Desa di Kudus Akan Dilebur Jadi BUMDes Bersama

0 181

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melakukan transformasi Badan Kredit Desa (BKD) menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama. Langkah ini dilakukan untuk mengembangkan unit usaha desa yang kemudian dapat meningkatkan pendapatan asli desa.

Kepala Bidang Pemerintah Desa Pada Dinas PMD Kabupaten Kudus Dian Tamzis mengatakan ada sebanyak 37 desa di Kudus yang siap membentuk BUMDes Bersama.

“Hasil keputusan kesepakatan untuk transformasi desa yang mempunyai BKD kemudian dilakukan transformasi menjadi BUMDes bersama. Ini tercatat ada sebanyak 37 desa,” jelasnya, Kamis (27/2/2020).

Ia mengatakan, BUMDes Bersama ini nantinya dalam usaha berupa simpan pinjam. Akan tetapi tidak dipungkiri akan menjadi unit-unit usaha yang lain. Terlebih ada potensi usaha yang ada di suatu desa untuk dikembangkan.

Dengan begitu, ia berharap nantinya BUMDes Bersama ini sebagai langkah awal untuk berkembang dan memunculkan unit usaha. Dengan demikian, bisa dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan asli desa.

“Dalam organisasinya itu nanti ada penasihat, ada pelaksana operasional yang menjalankan Bumdes. Pelaksana tugasnya akan diawasi oleh pengawas,” jelasnya.

Ketua BUMDes Bersama Moh Khanafi yang juga Kades Desa Ngembal Kulon Kecamatan Jati mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun pembentukan terkait aturan dari BUMDes ini. Selain itu juga berkaitan dengan anggaran dasar.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.