Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Blora Raih Predikat B SAKIP Award

MURIANEWS, Blora – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) kembali merilis Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 kepada pemerintah daerah melalui “SAKIP Award” yang digelar di Yogyakarta. Dari hasil evaluasi SAKIP 2019, Pemerintah Kabupaten Blora menerima predikat B.

“Alhamdulillah, Blora menerima predikat B. Meski ini sudah baik, namun kami ingin kualitas SAKIP terus ditingkatkan agar tahun 2020 nanti memperoleh BB atau bisa A, bahkan AA seperti Pemprov DIY,” ungkap Sekretaris Daerah Blora Komang Gede Irawadi, Rabu (26/2/2020).

SAKIP Award ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas keberhasilan pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien melalui SAKIP.

Adapun penyerahan SAKIP Award 2019 di Yogyakarta itu dilakukan Kemen PAN-RB kepada 190 pemerintah daerah di wilayah III (baik pemprov maupun kabupaten/kota), termasuk Blora.

Menurut Komang, saat penyerahan SAKIP Award 2019, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo berpesan agar daerah yang menerima predikat “B” untuk fokus pada upaya peningkatan ekfektivitas dan efisiensi anggaran melalui berbagai upaya.

Seperti penyempurnaan kinerja hingga level individu, penyelesaian target kinerja tingkat pemerintah daerah melalui kolaborasi seluruh OPD atau cross-cutting program, monitoring dan evaluasi berkala atas kinerja OPD untuk mendorong pencapaian kinerja serta pemanfaatan aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi.

“Upaya ini bertujuan agar pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha