Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Pati Teken MoU dengan Dirjen Binalattas Kemnaker RI

0 108

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati bersama dengan Direktorat Jendral (Dirjen) Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bumi Mina Tani.

Penandatanganan yang dilakukan di ruang Penjawi Setda Pati pada Rabu (26/2/2020) itu sekaligus menjadi awal untuk mendongkrak pertumbuhan perekonomian warga Pati. Hal itu bisa dilakukan melalui pelatihan maupun pembinaan kepada masyarakat yang mempunyai potensi.

Dirjen Binalattas Kemnaker RI Bambang Setyo Lelono mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini adalah sebagai tindak lanjut misi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas SDM di masing-masing daerah.

“Sebagaimana yang kita tahu, komitmen kita adalah untuk menjadi negara maju. Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan SDM yang unggul dan memiliki daya saing. Sehingga MoU ini sudah tepat untuk dilakukan,” katanya.

Pemkab Pati menunjukkan nota kesepakatan bersama (MoU) bersama dengan Direktorat Jendral (Dirjen) Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Dia juga mengatakan, Indonesia pada tahun 2045, akan menjadi negara maju. Hal itu tentunya harus ditopang dengan perekonomian yang mapan dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang mumpuni.

Bahkan pada tahun yang sama, komitmen pemerintah adalah menjadi negara maju nomor lima terbesar di dunia. Sehingga, semua regulasi yang jlimet, akan disederhanakan oleh pemerintah pusat.

“Tetapi kita tetap yakin, dengan pelatihan dan pengembangan SDM ini, akan mampu menjadikan manusia di Indonesia unggul, produktif, dan berdayasaing,” tutupnya.

Sementara Bupati Pati Haryanto mengatakan, dengan adanya kerjasama ini tentunya memberikan harapan besar bagi Pemkab pati. Namun, MoU tidak hanya sebatas penandatanganan, tetapi harus ada tindak lanjut yang riil.

“MoU ini sangat tepat untuk mengurangi pengangguran. Untuk mengurangi pengangguran itu, pertumpuannya memnag pada UMKM. Sehingga dengan adanya MoU ini, kita akan lebih mudah mengakses program-program dari Kemnaker RI,” jelasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.