Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Hari Jadi, Bupati Grobogan Ziarahi Makam Ki Ageng Tarub

0 504

MURIANEWS, Grobogan – Setelah jamas pusaka, rangkaian peringatan Hari Jadi ke-294 Kabupaten Grobogan kembali digelar, Selasa (25/2/2020). Yakni, ziarah ke makam para leluhur yang dilaksanakan usai acara khotmil Quran di pendapa kabupaten.

Pelaksanaan ziarah kali ini waktunya berbeda dari biasanya karena dilakukan lebih awal. Biasanya, ritual ziarah ini dilaksanakan setelah upacara puncak peringatan Hari Jadi di Alun-Alun Purwodadi pada tanggal 4 Maret.

Ziarah ke makam leluhur dibagi dalam dua tim. Tim pertama yang dipimpin Bupati Sri Sumarni melangsungkan ziarah ke makam Ki Ageng Tarub dan Ki Ageng Selo di Kecamatan Tawangharjo.

Usai ziarah di makam Ki Ageng Tarub, bupati dan rombongan pejabat sempat melangsungkan pelepasan burung perkutut ke alam liar.

“Ziarah makam para leluhur Kabupaten Grobogan sudah menjadi tradisi dalam setiap peringatan Hari Jadi. Tujuan dari ziarah ini adalah untuk mempertahankan tradisi dan menghormati jasa-jasa perjuangan para leluhur,” cetus Sri Sumarni.

Sri meminta agar momentum hari jadi ini dijadikan sarana untuk berbenah. Yakni, membenahi semua kekurangan yang masih terlihat pada tahun-tahun sebelumnya. Khususnya, dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Dalam usianya yang hampir tiga abad ini, sudah banyak prestasi yang dicapai Kabupaten Grobogan. Baik di kancah Jawa Tengah maupun nasional. Kedepan, prestasi ini harus terus ditingkatkan,” kata Sri.

Sementara itu, tim kedua yang dipimpin Sekretaris Daerah Moh Sumarsono juga melangsungkan ziarah ke dua makam. Yakni, makam Ki Ageng Getas Pendowo di Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi dan makam Bupati Grobogan pertama Pangeran Puger di Kelurahan/Kecamatan Grobogan.

Dalam acara ziarah itu, Pemkab Grobogan juga menyalurkan bantuan pada 300 warga kurang mampu di empat lokasi makam tersebut. Bantuan yang berasal dari Baznas Grobogan itu diharapkan dapat meringankan beban dan membantu perekonomian para penerima.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.