Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Pati Ini Olah Krokot Jadi Permen Pencegah Kanker

MURIANEWS, Pati – Krokot selama ini banyak tumbuh liar di pinggir-pinggir jalan. Bahkan tumbuhan yang mempunyai nama latin portulaca oleracea kerap dianggap sebagai gulma oleh sebagian orang.

Namun, di tangan Anandya Selfana Prastikasari (23) warga Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil, krokot mampu diubah menjadi permen kaya manfaat. Sebab, didalamnya terdapat sejumlah kandungan yang sangat baik bagi kesehatan manusia.

Anandya Selfana Prastikasari mengatakan, kandungan yang ada di dalam tumbuhan krokot sendiri adalah beta karotin, vitamin A dan C, omega 3, serat kasar serta antioksidan.

“Karena kandungannya ini, saya kemudian mencoba agar krokot bisa dikonsumsi oleh manusia. Sehingga dengan berbagai cara, saya menemukan permen krokot ini,” terangnya, Selasa (25/2/2020).

Lebih dari itu, krokot juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Bahkan dari hasil beberapa penelitian, krokot sangat rendah kalori tetapi kaya nutrisi.

Anandya bersama dua temannya nampak membuat permen dari krokot. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

“Karena kaya nutrisi dan rendah kalori, krokot juga bisa untuk menurunkan berat badan,” imbuhnya.

Cara membuat permen krokot pun dikatakan cukup mudah. Langkah pertama tumbuhan krokot dicuci dengan air hingga bersih. Setelah itu, dimasukkan ke dalam air panas untuk beberapa menit.

Setelah siap, krokot diblender sampai halus. Kemudian ditiriskan dan campur dengan gula putih, tepung karagenan dari rumput laut, serta garam beriodium. Lalu adonan yang telah dicampur ditempatkan di atas wadah.

“Ratakan adonan hingga menjadi tipis, atau juga bisa menggunakan cetakan untuk membuat bentuknya lebih menarik,” bebernya.

Langkah berikutnya, adonan dimasukkan ke dalam oven dengan api sedang selama 30 menit. Setelah matang sempurna, manisan didinginkan beberapa saat. Setelah itu, permen krokot siap untuk dihidangkan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...