Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jateng Dua Kali Pertahankan Peringkat A SAKIP, Ganjar: Saya Belum Puas

0 142

MURIANEWS, Semarang – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kembali memberikan peringkat A dalam laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Wilayah III Tahun 2019 kepada Pemprov Jateng. Tahun sebelumnya, Jateng juga meraih peringkat yang sama.

Pada periode 2019 skor yang diraih Pemprov Jateng meningkat dari tahun 2018 yakni dari 80,18 dan tahun 2019 ini menjadi 81,56,

Meski demikian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku belum puas dengan capaian itu.

“Kami belum puas sampai di situ. Kami masih dorong, ingin ke AA. Mudah-mudahan tahun 2020 bisa,” kata Ganjar, Selasa (25/2/2020).

Ganjar menyebut jika kenaikan skor tersebut belum mampu mendongkrak peringkat SAKIP Pemprov Jateng ke skor AA. Karena skor yang dibutuhkan minimal 90.

Di Indonesia saat ini yang sudah meraih peringkat AA yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ganjar pun mengaku siap belajar dari provinsi ini.

“DIY itu top. Saya kira Pemprov di Indonesia baru DIY yang AA. Kami akan belajar dari Pemprov DIY sehingga kami bisa naik dari A ke AA. Tidak jauh lagi tetapi butuh sungguh-sungguh,” ungkap Ganjar.

Ganjar menegaskan bahwa peringkat tersebut sebenarnya bukan tujuan utama. Terpenting dan paling utama adalah bagaimana seluruh fungsi bisa berjalan dengan baik dan sampai kepada masyarakat sehingga seluruh kualitas akan naik.

“A ataupun AA bukanlah tujuan kita. Bukan nilainya melainkan perencanaan, efisiensi, dan efektivitasnya. Harapannya dari sertifikat atau piagam yang kami terima dengan peringkat A itu musti berkorelasi positif dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan manfaat dari program yang dibuat,” harap Ganjar.

Baca: Jateng Sukses Hemat Rp 1,2 Triliun Lewat Program SAKIP

Penghargaan ini diserahkan oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo kepada Ganjar di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin (24/2/2020) kemarin. Sejumlah kabupaten/kota di Jateng juga mendapat penghargaan dengan peringkat B dan BB.

Di antaranya Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Grobogan untuk penerima SAKIP peringkat B. Juga untuk Kota Pekalongan, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas yang mendapatkan peringkat BB.

Ganjar juga menyatakan mengapresiasi dan bangga dengan predikat yang diraih pemkab/pemkot tersebut.

“Ini suatu kebanggaan. Artinya, para pemimpin di kabupaten/kota dan teman-teman di provinsi sangat serius untuk meningkatkan prestasi dalam menyusun program, menyiapkan anggaran, memperbaiki sistem yang hasilnya betul-betul meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Ganjar. (lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.