Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Debit Air Waduk Seloromo dan Gunung Rowo Pati Masih Aman

MURIANEWS, Pati – Kondisi dua waduk yang ada di Kecamatan Gembong, yakni Waduk Seloromo dan Gunung Rowo, saat ini masih relatif aman. Debit air kedua waduk tersebut masih jauh dari titik batas elefasi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, untuk waduk Seloromo, debit air saat ini mencapai tujuh juta meter kubik. Sementara kapasitasnya sendiri adalah 9,5 juta meter kubik. Dari situ, kondisi waduh masuk kategori aman.

Operator Waduk Seloromo Susanto mengatakan, kondisi waduk saat ini masih aman. Penambahan air juga tidak terlalu signifikan meskipun intensitas hujan yang melanda kabupaten Pati relatif tinggi.

“Penambahan air tergantung dari intensitas hujan. Kalau hujan tinggi, bisa lebih cepat. Kalau hujan rendah, ya penuhnya lama,” katanya, Senin (24/2/2020).

Dia menambahkan, secara khusus apabila debit air Waduk Seloromo sudah penuh, memang tidak ada peringatan. Mengingat, di sebelah utara waduk, ada pintu keluar ari apabila sudah penuh.

“Kalau (debit airnya) melampaui batas, otomatis limpas,” tegasnya.

Sementara Operator Waduk Gunung Rowo Dian Saputra mengaku, saat ini debit Waduk Gunung Rawa sekitar 3,3 juta meter kubik. Sementara kapasitasnya sebanyak lima juta meter kubik.

“Masih tahap normal, masih 60 persen. Kalau penuhnya kapan, tidak bisa di prediksi,” terangnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...