Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tiga Desa di Kudus Terendam Banjir

0 4.379

MURIANEWS, Kudus – Banjir kembali melanda wilayah Kudus, Minggu (23/2/2020). Banjir melanda tiga Desa di Kecamatan Kaliwungu dengan ketinggian air bervariasi.

Kepala Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Bergas C Penanggungan mengatakan, banjir melanda tiga desa di Kecamatan Kaliwungu. Ketiga desa itu adalah Setrokalangan, Banget dan Kedungdowo.

“Banjir ini disebabkan karena aliran sungai Wulan yang meluap,” jelasnya, Minggu (23/2/2020).

Ia mengatakan, untuk di Desa Setrokalangan ada sebanyak 57 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 202 jiwa yang terkena dampak banjir. Kemudian di Desa Banget ada sebanyak 32 KK, dengan sebanyak 95 jiwa.

“Lalu di Desa Kedungdowo ada sebanyak 26 KK. Dengan jumlah 55 jiwa,” jelasnya.

Sejumlah relawan dan warga mengangkut benda berharga termasuk sepeda motor saat banjir. (MURIANEWS/Istimewa)

Adapun ketinggian air di dalam rumah warga dari 10 sampai dengan 50 sentimeter. Selain itu, banjir juga merendam jalan menuju Dukuh Karangturi Desa Setrokalangan dengan ketinggian air mencapai satu meter.

“Warga sementara belum bersedia untuk mengungsi,” jelasnya.

Upaya untuk mengatasi bencana tersebut, bantuan logistik tiga hari ke depan. Bagi warga tiga desa terdampak dan terganggu aktifitasnya di Dukuh Karangturi Desa Setrokalangan, akan dicukupi dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan, dengan perhitungan 0,4kg/jiwa/hari.

Selanjutnya, pemenuhan kesehatan warga dilakukan Pusling Puskesmas Keliling oleh petugas puskesmas dengan kendaraan BPBD.

“Kerugian pertanian yang dialami warga dijelaskan bahwa untuk wilayah pertanian di desa terdampak akan dicover asuransi pertanian,” jelasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.