Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Masih Siaga Tiga, Debit Air Bendung Wilalung Kudus Mulai Turun

0 271

MURIANEWS, Kudus – Debit air di Bendung Wilalung yang terletak di Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kudus mengalami penurunan, Sabtu (22/2/2020). Debit bendung pengendali banjir yang memiliki sembilan pintu itu kini turun mencapai 745 meter kubik per detik.

Debit air di bendung yang dibuat Belanda itu Jumat (21/2/2020) kemarin mencapai 833 meter kubik perdetik.

Pengelola Bendung Wilalung Noor Ali mengatakan, penurunan ini karena curah hujan di wilayah Kudus dan sekitarnya menurun.

“Debit Bendung Wilalung saat ini di angka 745 meter kubik perdetik. Ini terhitung sejak pukul 10.00 WIB,” jelasnya.

Ia mengatakan, meskipun demikian kategori debit air di bendungan Wilalung masih siaga tiga. Karena berdasarkan ketentuan debit air itu melampui batas 550 meter kubik perdetik.

Secara rinci, ada beberapa ketegori debit air di bendungan pengendali banjir yang dibuat oleh Belanda itu. Untuk kategori siaga satu debit air diangka 400 – 500 meter kubik perdetik. Kemudian untuk siaga dua debit air di angka 500-550 meter kubik perdetik.

“Kemudian untuk siaga tiga debit air di angka 550 meter kubik perdetik sampai tidak terhitung,” ujarnya.

Baca: Pintu Air Arah Juwana dari Bendung Wilalung Kudus Sudah Dibuka Sejak Semalam

Sementara pintu air yang mengarah ke sungai Juwana yang sebelumnya dibuka, kini telah ditutup kembali. Penutupan dilakukan per Sabtu pukul 06.00 WIB.

“Kemarin pintu nomor delapan sungai arah Juwana sempat kami buka. Tapi sekarang kita tutup kembali,” jelasnya.

Pembukaan pintu sebelumnya itu bukan tanpa sebab. Hal ini karena debit air di pintu ini mengalami peningkatan. Tepatnya 833 meter kubik perdetik atau siaga tiga. Hal tersebut kemudian sesuai dengan SOP akhirnya pintu nomor delapan dibuka.

“Alasannya pertama untuk penyelamatan alur Sungai Wulan. Batas 800 meter kubik per detik. Maka pintu arah Juwana dibuka bertahap 10 cm meter,” ujarnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.