Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Beberapa Kampung di Purwodadi Grobogan Kebanjiran

MURIANEWS, Grobogan – Musibah banjir melanda sejumlah perkampungan yang ada di kawasan kota Purwodadi, Jumat (21/2/2020). Dampak banjir mengakibatkan puluhan rumah warga kemasukan air dengan ketinggian antara 10 hingga 20 sentimeter.

Dari pantauan di lapangan, ada sejumlah perkampungan yang dilanda banjir tersebut. Antara lain, Kampung Jetis, Kuripan, Jengglong, Banaran, Jagalan, Jajar, Plindungan, dan Brambangan. Selain masuk rumah, genangan air juga tampak di jalan perkampungan.

Berdasarkan keterangan warga, banjir tersebut disebabkan masih tingginya elevasi dua sungai yang melintasi wilayah kota Purwodadi akibat hujan deras dalam dua hari terakhir. Yakni, Sungai Lusi yang ada di sebelah utara dan Sungai Glugu di sebelah timur kota Purwodadi.

“Sungai Glugu ini muaranya bertemu dengan Sungai Lusi. Kalau kedua sungai ini elevasinya sama-sama tinggi maka bisa dipastikan airnya meluap ke perkampungan. Jadi, banjir di kawasan kota saat ini, airnya ada yang berasal dari Sungai Glugu dan sebagian lainnya dari Sungai Lusi,” kata Eko Suryanto, warga Jetis, Kelurahan Purwodadi.

Sementara itu, Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengungkapkan, selain di kawasan kota, banjir juga terjadi di beberapa desa yang ada di pinggir aliran Sungai Lusi. Antara lain, Desa Kedungrejo, dan Karanganyar di Kecamatan Purwodadi.

“Untuk rumah yang terdampak banjir masih kita data jumlah pastinya. Ini, tim BPBD masih melakukan pantauan di lokasi,” ujarnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...