Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Grobogan Bakal Pelototi Sosmed, Sisir ASN Tak Netral di Pilkada

0 92

MURIANEWS, Grobogan – Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan Fitria Nita Witanti mengimbau pada aparatur sipil negara (ASN) untuk menjaga netralitas terkait pelaksanaan Pilkada 2020. Hal itu disampaikan Fitria saat membuka rapat koordinasi dengan mitra kerja Bawaslu di Hotel Kyriad Grand Master Purwodadi, Kamis (20/2/2020).

“Sesuai aturan, semua ASN diharuskan bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada. Kami akan segera berkoordinasi dan mengirimkan surat imbauan pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD). Kami akan minta instansi terkait untuk mengimbau para ASN agar menjaga netralitas,” katanya.

Komisioner Bawaslu Grobogan Kordiv Penanganan Pelanggaran Desi Ari Hartanta menegaskan, pihaknya juga akan melakukan pengawasan melalui media sosial.

Oleh sebab itu, ia meminta para ASN agar waspada dalam memberikan tanggapan pada konten kampanye digital di luar akun KPU, meskpun hanya sekadar memberikan tanda ‘like’.

“ASN juga dilarang untuk menjadi narasumber dalam acara parpol. Selain itu, ASN juga dilarang berfoto bersama pasangan calon maupun menghadiri deklarasi pasangan calon,” cetus Ari.

Sementara itu, Kepala Kesbangpolinmas Grobogan Daru Wisakti menyampaikan, masalah netralitas itu sudah ada aturannya. Yakni, UU Nomor 10 tahun 2016, UU Nomor 5 tahun 2014, dan Surat Bawaslu tentang Pengawasan Netralitas ASN, TNI dan Polri dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020.

“Marilah dipatuhi bersama undang-undang yang telah mengatur netralitas ASN ini. Kami harap semua ASN bisa menjaga diri,” kata Daru.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.