Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Baru Dibangun, TPQ di Pati Ini Rawan Ambruk Tergerus Banjir

MURIANEWS, Pati – Sebuah bangunan Taman Pendidikan Quran (TPQ) Desa Dadirejo RT 02 RW 03, Kecamatan Margorejo rawan ambruk tergerus banjir, Kamis (20/2/2020). Letaknya yang berdekatan dengan sungai desa setempat dan menopang pada talut, membuat bangunan itu rawan longsor saat debit air terus meninggi.

Padahal bangunan tersebut baru saja selesai dibangun dan belum dihuni untuk aktivitas belajar mengajar. Sementara bangunan di sampingnya, yakni kandang sapi bahkan sudah roboh duluan. Talut sungai yang menjadi penopang bangunan bahkan sudah tergerus air sepanjang 15 meter.

Pemilik Kandang sapi Rumono (28) mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Hal itu lantaran debit air di sungai desa setempat meninggi seiring dengan tingginya intensitas hujan di Kabupaten Pati.

“Hujannya sudah sejak kemarin. Akibatnya air sungai juga cukup deras, sehingga tanggulnya longsor tepat di bawah kandang sapi. Bahkan sebagian tanggul di sekitar TPQ ikut tergerus,” katanya.

Dia memperkirakan, apabila intensitas hujan tetap tinggi, tidak menutup kemungkinan longsor akan bertambah. Apalagi, kontur tanah juga tidak terlalu kuat.

“Kalau TPQ itu baru selesai di bangun. Belum ada yang menempati,” terangnya.

Selain tanggul tersebut, tepat 200 meter ke utara dari lokasi pertama, tanggul penguat sungai Dadirejo juga longsor. Panjangnya mencapai 15 meter dengan ketinggian 4 meter. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Hanya, kerugian material untuk tanggul penguat sungai diperkirakan mencapai Rp 40 juta.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...