Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sudah Digratiskan, SMA 1 Kudus Kembalikan Ratusan Juta Uang SPP ke Wali Murid

MURIANEWS, Kudus – SMAN 1 Kudus mengembalikan pembayaran SPP bagi ratusan siswanya, Kamis (20/2/2020). Total biaya SPP yang dikembalikan mencapai Rp 200 juta lebih.

Pengembalian SPP ini merupakan instruksi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kebijakan SPP gratis ini diberlakukan sejak Januari 2020 untuk seluruh SMA/SMK/SLB negeri di Jawa Tengah.

Kepala SMAN 1 Kudus Drs Shodiqun mengatakan, pihaknya menindaklanjuti instruksi itu dengan mengembalikan SPP yang terlanjur dibayar oleh siswa. Rata-rata wali murid sudah membayar SPP untuk bulan Januari-Juni 2020.

“Sehingga hari ini, yang terlanjur membayar SPP hingga Juni kemudian dikembalikan,” katanya.

Menurutnya, ada sebanyak 500 murid yang pembayaran SPPnya dikembalikan. Dengan besarannya rata-rata tiap siswa Rp 450 ribu.

“Itu SPP yang menarik dan mengelola dari pihak komite. Sehingga yang berhak mengembalikan adalah komite sekolah. Sekolah memfasilitasi sekolah dengan wali murid,” jelasnya.

Deka Hendratmanto, Sekretaris Komite SMA 1 Kudus memberikan sambutan saat pengembalian pembayaran SPP ke wali murid. (MURIANEWS/Dian Utoro Aji)

Ia menyebut, kebijakan pembebasan biaya SPP ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap pendidikan.

Baca: Mulai 2020 SMA/SMK Negeri di Jateng Gratis, MA dan Sekolah Swasta Disubsidi

Deka Hendratmanto, Sekretaris Komite SMA 1 Kudus menyambut baik kebijakan Gubernur Jawa Tengah yang menggratiskan SPP tersebut. Ia juga menyebut, pengembalian SPP kepada orang tua siswa ini dilakukan untuk memberi kepastian kepada orang tua siswa.

“Karena ada wali murid yang bayar langsung setahun. Atau ada yang sudah sampai Januari, Februari.  Maka yang setahun terlanjur masuk, dikembali per Januari 2020,” jelasnya.

Salah satu wali murid Rinaldi juga menyambut baik kebijakan ini. Terlebih SPP mulai Januari 2020 ini sudah dikembalikan.

“Saya menyambut baik. Ini dari intruksi dari provinsi Jawa tengah. Dan juga membantu keluarga tentunya,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...