Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Jambean Kidul Gelar Tradisi Wiwitan Panen Raya di Tepi Sungai Silugonggo Pati

MURIANEWS, Pati – Warga Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo menggelar tradisi wiwitan di areal persawahan desa setempat, Selasa (18/2/2020). Hal itu sebagai bentuk syukur kepada Tuhan karena di desa tersebut hasil panen padinya melimpah.

Puluhan petani datang ke areal persawahan yang dekat dengan sungai Silugonggo. Mereka melantunkan kalimat tahlil seraya bersyukur dengan adanya panen tahun ini.

Usai melantunkan doa, mereka makan bersama di pinggir sungai Silugonggo. Raut wajah mereka nampak sumpringah, bahagia, dan penuh keceriaan.

Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Jambean Kidul Kamelan mengatakan, wiwitan memang sengaja dilakukan untuk nguri-uri tradisi warisan para leluhur. Apalagi, para petani tahun ini memang sedang panen raya.

“Yang kami panen ada 210 hektare lahan. Karena itu, wiwitan ini adalah bentuk rasa syukur kami,” katanya.

Lebih lanjut, tradisi wiwitan ini juga merupakan bentuk keseimbangan hubungan antara manusia dan alam. Tuhan menganugerahkan alam kepada manusia kemudian manusia bertugas mengelolanya dengan baik.

Selain itu, wiwitan ini juga untuk menumbuhkan spirit, seperti merti bumi dengan menjaga kelestarian alam, merti kali (bersih sungai) dalam rangka melestarikan sumber mata air.

“Kami semua bersyukur, tahun ini bisa panen raya. Semoga kedepannya panen bisa lebih melimpah lagi,” tutup Kamelan

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...