Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dukcapil Kudus Rencanakan Cetak KK dan Akta Pakai Kertas HVS

0 313

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus merencanakan untuk mencetak Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran menggunakan kertas HVS 80 gram. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memberikan inovasi dan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko mengatakan, masyarakat pun diharap tidak kaget jika nanti KK atau akta kelahiran yang diterima menggunakan kertas HVS.

“Program ini akan dimulai 2020 ini. Nanti akan memakai kertas HVS ukurannya 80 gram,” katanya, Sabtu (15/2/2020).

Langkah ini, menurutnya merupakan inovasi dan juga mempermudah dan mempercepat pelayanan. Karena proses pencetakan tidak lagi memakai laser z lagi. “Sekarang memakai printer biasa sudah bisa,” jelasnya.

Eko menjelaskan, pemberlakukan penggunaan HVS itu perkirakan mulai pada Juli 2020. Sebab, untuk stok blanko KK dan akta saat ini masih banyak. Karena pada tahun 2019 kemarin ada pengadaan sebanyak 50 ribu lembar.

Baca: Warga Kudus Bakal Bisa Cetak E-KTP Pakai Mesin Seperti ATM, Disiapkan 12 Anjungan

Sedangkan, hingga akhir 2019 kemarin baru terpakai 25 ribu baik KK dan akta. Sehingga masih menyisakan 25 ribuan lagi.

“Ini nantinya diperkirakan akan habis pada bulan Juli. Sehingga bulan Juli nanti akan mulai diganti cetak menggunakan kertas HVS,” jelasnya.

Terkait pengamanan menurutnya itu tidak masalah. Sebab, nantinya ada semacam barcode untuk agar tidak mudah dipalsukan. “Sudah terlampir barcode serta tanda tangan digital dari Dukcapil,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dukcapil Kudus juga akan menyediakan belasan Anjungan Mandiri Dukcapil. Di anjungan itu juga nantinya dapat mencetak E-KTP, KK dan akta semudah mengoperasikan mesin ATM.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.