Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Hari Jadi, Puluhan Pusaka Kabupaten Grobogan Dijamas

0 78

MURIANEWS, Grobogan – Beragam benda bersejarah yang menjadi koleksi Museum Purbakala Grobogan mulai dibersihan atau dijamas, Jumat (14/2/2020). Termasuk juga puluhan koleksi benda pusaka yang juga disimpan di dalam museum yang lokasinya berada satu komplek dengan kantor Dinas Pendidikan Grobogan itu.

Ada belasan orang yang dilibatkan dalam acara jamasan benda-benda bersejarah tersebut. Kegiatan ini rutin kita lakukan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan yang jatih pada 4 Maret.

“Khusus untuk benda-benda pusaka, seperti keris, tombak, gamelan dibersihkan oleh tenaga yang sudah ahli di bidangnya. Selain benda koleksi, kita juga menata kebersihan di lingkungan museum,” ungkap Kabid Pariwisata Disporabudpar Grobogan Marwoto.

Dijelaskan, acara bersih-bersih tersebut biasanya dilakukan minimal setahun sekali. Hal itu diperlukan agar benda-benda bersejarah itu tidak rusak, bisa tahan lama dan lebih bersih sehingga cukup nyaman dilihat orang.

Dari data yang dimiliki, di dalam museum tersebut terdapat 83 macam benda peninggalan masa lalu dan terdiri dari beberapa jenis.

Antara lain, seperangkat gamelan, keris dan tombak, arca, yoni, piring, lesung, lingga, meriam, luku, garu, mangkok dan piring kuno. Kebanyakan, benda tersebut sudah berusia ratusan sampai ribuan tahun.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.