Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hotel 21 Pati Diduga Pekerjakan PK di Bawah Umur

0 3.314

MURIANEWS, Pati – Belum lama ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendapatkan aduan dari warga. Aduan itu terkait dugaan adanya Pemandu Karaoke (PK) di bawah umur yang bekerja di Hotel 21 Pati.

Mendapat aduan itu, Ketua DPRD Pati Ali Badruddin pun bergerak cepat dengan memanggil pemilik hotel untuk dimintai keterangan. Bahkan pihaknya juga mengadakan dengar pendapat dengan instansi terkait.

”Yang bersangkutan dipekerjakan sebagai karyawan tetap atau tidak, kami tidak tahu. Namun, pemilik hotel mengakui bahwa memang pernah ada anak 17 tahun dipekerjakan,” katanya, Jumat (14/2/2020).

Hal yang demikian jelas melanggar UU Perlindungan Anak, UU Ketenagakerjaan, dan Perda nomor 8 tahun 2013 pasal 65 huruf e.

Anggota Dewan Pati gelar Rapat dengar pendapat terkait aduan adanya PK di bawah umur yang dipekerjakan Hotel 21 Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Ali berharap, setelah rapat dengar pendapat ini, Komisi A menindaklanjutinya dengan mengundang pihak-pihak terkait.

“Mau dibentuk pansus atau bagaimana, sanksi administrasi bagaimana, saya serahkan pada hasil rapat Komisi A dengan pihak terkait,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hasil rapat ini juga akan ditindaklanjuti dengan sidak-sidak ke beberapa tempat. Hal ini merupakan penanganan atas kemungkinan adanya pelanggaran hukum serupa di tempat lain, bukan hanya di Hotel 21.

“Kita lakukan ini agar hotel lain juga paham aturan memperkerjakan karyawan, tidak asal dimasukkan sebagai pekerja, tapi ada ketentuannya,” tegas Ali.

Sementara, Lief Bowo, Pemilik Hotel 21, menolak memberi keterangan. Ia beralasan bahwa kasus ini telah mendapat penanganan hukum dari Polda Jateng.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.