Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Kudus Bakal Bisa Cetak E-KTP Pakai Mesin Seperti ATM, Disiapkan 12 Anjungan

0 409

MURIANEWS, Kudus – Warga di Kabupaten Kudus akan dimudahkan dalam mencetak dokumen kependudukan seperti E-KTP. Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kudus bakal memasang 12 mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Dengan anjungan itu, masyarakat bisa mencetak dokumen kependudukan semudah mengoperasikan mesin ATM. Selain E-KTP, dalam mesin ini bisa melayani pencetakan kartu keluarga, akta kelahiran dan lainnya.

“Kami nantinya akan membuat ADM. Itu bisa mencetak adminitrasi kependudukan, E-KTP, KIA, KK, dan akta secara mudah dan cepat,” kata Eko Hari Djatmiko, Kepala Disdukcapil Kudus, Kamis (13/2/2020).

Ia mengatakan, rencananya ada sebanyak 12 unit ADM. Anjungan itu nantinya akan dipasang di beberapa titik. Di antaranya di sembilan kecamatan di Kudus. Serta satu unit di Kantor Dukcapil Kudus.

“Selain itu pemasangan juga dilakukan di tempat keramaian. Seperti di pasar atau di alun-alun,” lanjutnya.

Dukcapil Kudus telah menyiapkan dana sebesar Rp 2,4 miliar untuk pengadaan mesin ADM itu. dengan estimasi satu unit mesin ADM senilai Rp 200 juta.

Rencananya, realisasi anjungan itu akan mulai berlaku pada tahun 2020 ini. Anggarannya akan diusulkan melalui Perubahan APBD 2020.

“Setelah diusulkan, ada anggarannya maka segera untuk dibelikan anjungan itu. Tahun ini diharapkan terealisasi,” jelasnya.

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.