Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Cara Mengikuti Sensus Penduduk Secara Online

0 92

MURIANEWS, Kudus – Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus akan mulai melakukan sensus pendudukan secara online pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Setiap warga diharapkan memanfaatkannya secara mandiri.

Lantas bagaimana cara untuk melakukan sensus secara online?.

Kepala BPS Kabupaten Kudus Ramhadi Agus Santoso mengatakan, ada beberapa langkah untuk mengikuti sensus penduduk secara online.

Langkah pertama adalah menyiapkan dokumen kependudukan. Seperti KTP, kartu keluarga, akta nikah atau cerai.

Kemudian masuk ke laman sensus.bps.go.id. Masukan data nomor induk kependudukan (NIK) dana nomor kartu keluarga (KK).

“Klik kotak kosong pada captcha lalu klik cek keberadaan. Jika baru pertama kali melakukan akses pada sensus penduduk (SP) online ini, maka pertama buatlah password dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai lalu klik buat pasword,” terangnya.

Selanjutnya, masukan pasword yang telah dibuat. Lalu klik masuk. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP online ini. Lalu klik mulai pengisi. Plihlah bahasa yang paling disukai.

Tahapan selanjutnya, ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol kirim.

“Unduh atau kirimkan bukti pengisian pada email anda dengan terlebih dahulu mengisikan alamat email,” jelasnya.

Seluruh warga diharapkan mengikuti sensus secara online ini. Namun jika ada warga yang belum mengikuti, karena beberapa faktor tak perlu khawatir. Karena nantinya petugas dari BPS akan datang melakukan wawancara.

Tahap sensus penduduk melalui wawancara ini akan dilakukan pada 1-31 Juli 2020 mendatang.

Hasil akhir dari sensus penduduk ini nantinya adalah data kependudukan akan menjadi satu data. Pelaksanaan sensus penduduk ini, merupakan sensus ketujuh yang dilakukan di Indonesia.

Sensus penduduk ini dilakukan seluruh warga Indonesia. Baik warga negara asing, ataupun warga negara Indonesia. Data yang diberikan oleh masyarakat pun akan terjamin kerahasiannya.

“Ini juga dapat mengetahui kepadatan penduduk di suatu wilayah. Mendapatkan karakteristik kependudukan Indonesia. Hingga menyediakan parameter demograsi dan imigrasi,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.