Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dislautkan Pati Tebar 80 Ribu Benih Ikan di Waduk Gunungrowo

0 63

MURIANEWS, Pati – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kabupaten Pati menebar 80 bibit ikan nila dan ikan karper. Penebaran itu dilakukan di Waduk Gunung Rowo, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Rabu (12/2/2020).

Kepala Dislautkan Edy Martanto mengatakan, pihaknya memang melepaskan sedikitnya 80 ribu ekor benih jenis karper dan nila. Kegiatan pelepasan benih di waduk dan embung memang rutin dilakukannya untuk membuat ekosistem ikan tetap berlanjut.

“Kegiatan pembenihan ini juga kami harapkan dapat menambah sumberdaya perikanan bagi masyarakat luas,” terang Edy.

Dengan begitu maka diharapkan dapat meningkatkan gizi masyarakat. Ketersediaan ikan di alam bebas diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar. Selain itu tentunya juga bisa meningkatkan perekonomian.

“Karena di kawasan Waduk Gunungrowo ini juga menjadi destinasi wisata. Ketersediaan ikan di sini tentu juga bisa dijadikan wisata kuliner. Sehingga selain meningkatkan perekonomian juga mendorong pariwisata,” imbuhnya.

Pemilahan bibit ikan karper dan nila itu sendiri lantaran kedua jenis itu dianggap paling cocok untuk dibudidayakan di waduk. Sehingga tingkat perkembangbiakan dan pertumbuhannya juga dinilai cukup baik.

Di antara embung yang direncanakan di tahun ini meliputi embung yang ada di Kecamatan Batangan, Juwana, Dukuhseti, Kayen dan Tambakromo. Terkait jumlahnya sendiri berbeda-beda sesuai dengan luasan embung atau waduk itu sendiri.

“Kami sudah melakukan pendataan. Selain dari APBD Kabupaten Pati kami juga mengupayakan bantuan dari provinsi, maupun kementerian kelautan dan perikanan (KKP),” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.