Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Atasi Banjir di Kota Jepara, Pemkab Buat Pintu Air di Pinggir Kali Wiso

MURIANEWS, Jepara – Banjir yang beberapa kali melanda kawasan kota Jepara, langsung mendapatkan perhatian dari Pemkab Jepara. Sebagai langkah awal, Pemkab Jepara melakukan optimalisasi drainase jalan, menambah pintu air dan memastikan fungsi pompa air yang sudah ada.

Kepala Dinas Pekerjaan Umur dan Penataan Ruang (DPU-PR) Jepara Ary Bahtiar menyatakan, banjir yang beberapa kali muncul di wilayah Kota Jepara diharapkan bisa tertangani. Salah satu langkah yang krusial adalah dengan membangun pintu air di Kali Wiso.

Pintu air  telah dibuat di sebelah Timur Gedung Bank Jepara Artha dan dilengkapi dengan pompa air portable. Fasilitas ini dimaksudkan untuk mengatasi banjir yang sudah beberapa kali terjadi di Jalan Kartini Jepara.

”Saluran air di kawasan ini juga sudah dilakukan pengerukan. Kemudian juga sudah disiapkan pompa air yang digunakan untuk mengalihkan pembuangan air tidak masuk ke Kaliwiso namun ke Kali Kanal. Ini solusi yang sudah kami siapkan,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Ia menjelaskan, saat ini tim dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana juga datang ke Jepara untuk melakukan pemetaan dan solusi mengatasi banjir. Beberapa titik banjir seperti sekitaran alun-alun, Jalan Kartini, pecinan ke barat dan sekitarnya, sudah ditinjau. Kemugkinan BBWS akan memberikan bantuan mesim pompa lagi untuk mengatasi banjir di Jepara.

DPU-PR juga sudah melakukan penanganan bersifat cepat, dengan mengalihkan saluran air, melalui pengaturan pintu air Bapangan (les). Selain itu, pengalihan arus sungai, penambahan pintu air, serta menambah pompa penyedot air.

“Sedangkan utuk solusi jangka panjang direncanakan dilakukan penataan kawasan muara Kaliwiso. Khususnya di lokasi dekat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Ujungbatu yang mengalami pendangkalan dan penyempitan akan dinormalisasi,” ujar Ary Bahtiar.

Setelah beberapa kali terjadi banjir di wilayah pusat kota Jepara, Pemkab Jepara   menggelar Rapat Koordinasi Penanganan Banjir di Gedung Setda Jepara, Selasa (12/2/2020). Dalam rakor ini dibahas mengenai penyiapan langkah cepat dan strategis untuk mengatasinya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...