Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Relokasi PKL Alun-Alun Kudus Bakal Dibarengkan Pembangunan City Walk

0 254

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus bakal membarengkan proses relokasi pedagan kaki lima (PKL) di kawasan ALun-Alun Kudus dengan proyek pembangunan City Walk Jalan Sunan Kudus. Jika tak ada hambatan, pelaksanaannya dimungkinkan berjalan Maret 2020 mendatang.

Sebelah utara pada Jalan Sunan Kudus akan dibangun kawasan City Walk dengan panjang 562 meter ke arah Jembatan Sunan Kudus.

Sedang sebelah selatan akan dilaksanakan penataan PKL Sunan Kudus dan alun–alun yang rencananya memang direlokasi ke Jalan Sunan Kudus.

Asisten II  Perekonomian Setda Kudus Ali Rifai mengatakan, kepastian pelaksanaan akan menunggu rapat selanjutntya dengan Plt Bupati Kudus HM Hartopo. Walau demikian, untuk konsep penataan PKL telah rampung digarap.

Yakni dengan melebarkan penempatan para PKL ke lokasi cadangan. Yakni di Jalan Wahid Hasyim dan bekas Pasar Klitikan Jembatan Sunan Kudus.

Hal tersebut dikarenakan kapasitas Jalan Sunan Muria hanya ideal bagi 70 sampai 80 PKL saja. “Sementara PKL yang ada bisa sekitaran 110 lebih PKL,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Baca: Sterilkan Alun-Alun dari Pedagang, PKL Simpang Tujuh Bakal Dipindah ke Jalan Sunan Kudus

Jumlah tersebut, kata Ali, merupakan gabungan dari PKL alun-alun dan PKL Pekojan. Yakni sebanyak 50 PKL alun-alun dan sisanya dari PKL Pekojan. Penataan ukuran pada lapak PKL juga akan dilakukan. “PKL Pekojan akan diprioritaskan menempati lapak di Jalan Sunan Kudus,” lanjutnya.

Selain itu, pihak ketiga juga akan digandeng untuk menata stan-stan PKL. Beberapa pihak ketiga juga dikatakan Ali antusias dalam membranding PKL yang ada di Jalan Sunan Kudus.

Sebelumnya, pihak Dinas Perdagangan bakal merelokasi sebanyak 58 PKL Alun-Alun Simpang Tujug Kudus. Pemindahannya, dilakukan untuk penataan lalu lintas supaya tidak semerawut. Apalagi, saat jam salat, di Alun-Alun Kudus penuh dangan parkir dan PKL hingga malam.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.