Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Emoh Kompromi, Kapolres Jepara Pastikan Galian C Tanpa Izin Akan Tetap Ditutup

MURIANEWS, Jepara – Semua kegiatan penambangan di wilayah Kabupaten Jepara yang tidak berizin dilarang untuk beroperasi tanpa terkecuali. Bagi mereka pemilik tambang yang saat ini tengah mengurus izin, juga tidak diperkenankan untuk menggelar kegiatan penambangan, sampai izin yang disyaratkan terpenuhi.

Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto menyampaikan hal ini usai menerima perwakilan penambang Galian C Desa Bumiharjo, bersama para pejabat Forkopinda, Rabu (12/2/2020), di Gedung DPRD Jepara. Polres Jepara menyatakan akan tetap menegakan aturan main, yang ada terkait dengan kegiatan penambangan.

“Mengurus perizinan adalah solusi yang paling tepat untuk dilakukan dalam masalah ini. Silahkan diurus perizinannya. Selagi belum ada izinnya, silahkan kegiatan penambangan istirahat lebih dulu,” ujar AKBP Nugroho Tri Nuryanto.

Kebijakan ini menurutnya berlaku untuk semua kegiatan penambangan dan tidak hanya berlaku pada kegiatan di Desa Bumiharjo. Pihaknya berharap masyarakat mentaati aturan yang berlaku terkait masalah tambang ini.

Baca Juga:

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Jepara, Saiful Bahri menyatakan, hukum dibuat untuk mengatur semua hal terkait kehidupan bersama agar bisa berjalan dengan tertib. Terkait dengan masalah penambangan, pihaknya meminta agar segera diurus perizinan yang disyaratkan.

Khususnya para penambang Galian C di Bumiharjo, pihaknya beraharap bisa dibentuk semacam badan hukum yang sesuai untuk kemudian mengajukan perizinan. Dengan demikian kegiatan penambangan bisa dilaksanakan dengan aturan-aturan yang berlaku.

“Kami kira kita semua juga harus menyadari permasalahan ini. Perizinan harus diajukan jika memang ingin melakukan penambangan. Saya kira itu ya,” ujar Saiful Bahri, dalam kesempatan yang sama.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...