Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Turun Tak Seberapa, Harga Bawang Putih di Pati Masih Tinggi

0 74

MURIANEWS, Pati – Harga bawang putih di Kabupaten Pati saat ini masih relatif tinggi. Bahkan untuk satu kilogramnya mencapai Rp 49 ribu di pasaran.

Salah satu penjual bawang purih Santoso (38) mengatakan, dua pekan lalu harga bawang putih bisa mencapai Rp 65 ribu hingga Rp 75 ribu per kilogramnya. Kemudian mengalami penurunan dan kini menjadi Rp 49 ribu per kilogram.

“Sempat naik tinggi, tapi sekarang sudah mulai turun. Kalau di pasaran, harga masih Rp 49 ribu per kilogram,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Dia mengaku tidak tahu penyebab naiknya harga salah satu bumbu dapur itu. Bahkan dia juga sempat kaget, lantaran harganya sempat naik tiga kali lipat.

“Pasti kaget. Karena penjual seperti saya ini kan bawangnya saya jual lagi ke konsumen. Kalau tiba-tiba harganya tinggi, nanti konsumen malah kabur,” terangnya.

Hanya, ia mengakui, untuk harga di tingkat pengepul memang sudah tinggi. Meski begitu, mau tidak mau, ia tetap mebeli komoditas tersebut untuk kebutuhan pelanggan.

Ditambahkan pula, sempat ada pelanggan yang tidak percaya dengan naiknya bawang putih itu. Namun, karena mereka butuh, tetap membelinya. Hanya, jumlahnya agak berkurang.

“Semenjak harganya naik, pelanggan jarang sekali yang membeli dalam jumlah banyak. Paling-paling hanya pemilik warung yang pembeliannya masih tetap sama,” ungkapnya.

Dirinya berharap agar pemerintah pemerintah bisa menyetabilkan harga bawang putih ini, yakni di bawahRp 30 ribu per kilogram. Dengan begitu, daya beli masyarakat akan kembali normal.

“Pemerintah pasti tahu hal ini lah. Harapan saya, harganya kembali normal,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.