Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

74 Siswa Ramaikan Seleksi Kompetisi Sains Nasional Tingkat SD di Batealit Jepara

MURIANEWS, Jepara – Sebanyak 74 siswa-siswi dari 37 sekolah dasar di bawah Satuan Kerja Koordinator Pendidikan Kecamantan (Satkordikcam) Batealit, Jepara, mengikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Mindahan, Batealit,  Selasa (11/2/2020).

Ketua panitia KSN Kecamatan Batealit Ulil Albab mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai wahana pengembangan bakat dan prestasi siswa dalam bidang mata pelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kegiatan ini sekaligus untuk menseleksi wakil dari kecamatan Batealit untuk mengikuti KSN tingkat Kabupaten yang diselenggarakan pada 27 Febuari 2020 mendatang.

Pada seleksi KSN tingkat kecamatan Batealit ini, tiga peserta terbik dari masing-masing maple baik matematika dan IPA untuk selanjutnya akan dikirim ke ajang KSN Kabupaten. Rencananya untuk tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada akhir Februari ini.

“Dari hasil lomba KSN di Batealit, untuk juara mapel Matematika diraih Iin Rahma dari SDN 2 Geneng, Nanda Ayuni SDN 3 Somosari dan Veliana Alvi SDN 5 Mindahan. Sedangkan untuk Mapel  IPA yang menjadi juara adalah Najwa Shafaa Zahira dari SDN 4 Bawu, Nindy Ataya Nasywa SDN 3 Ngasem dan Zahra Alifa Cahyani SDN 3 Bawu,” ujar Ulil Albab, Selasa (11/2/2020).

Sementara itu, Koordinator Satkordikcam Batealit Suyanto menuturkan di era keterbukaan saat ini tidak ada alternative lain bagi sekolah untuk dapat berkontribusi dalam berbagai aspek kehidupan kecuali penyiapan sumber daya manusia yang bermutu. KSN merupakan salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar kemampuan memecahkan masalah dan sportifitas para siswa.

Kegiatan KSN ini juga sebagai wahana bagi peserta didik khususnya di tingkat sekolah dasar untuk meningkatkan bakat dan minat di bidang matematika dan IPA. Kemudian juga memberikan motivasi pada siswa untuk meningkatkan kemampuan spiritual, emosional dan intelektualnya.

“Lebih dari itu, ajang ini juga menjadi salah satu kegiatan untu memotivasi guru juga. Mereka dituntut meningkatkan kualitas pada bidang sains yang dilombakan. Termasuk tentu saja guru-guru di Kecamatan Batealit,” ujar Suyanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...