Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Logung Siap Difungsikan untuk Irigasi dan Pengendali Banjir di Kudus

0 268

MURIANEWS, Kudus – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana memastikan Bendungan Logung yang ada di Kudus dipastikan sudah bisa difungsikan untuk irigasi dan pengendalian banjir.

Hal ini seperti yang diungkapkan Koordinator Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) BBWS Pemali Juana, Muhammad, Selasa (11/2/2020).

Ia mengatakan, Bendungan Logung ini memiliki dua fungsi awal. Yakni untuk irigasi dan untuk pengendalian banjir di wilayah Kabupaten Kudus.

“Ke depan juga untuk air baku. Cuma air baku sampai saat ini masih proses. Yang jelas dua fungsi itu sudah bisa,” ujarnya.

Aliran irigasi dari Bendungan Logung pun dipastikan sudah siap. Dengan begitu Logung bisa dimanfaatkan untuk irigasi dan pengendalian banjir.

Sementara itu, terkait dengan izin sewa hingga saat ini masih proses. Karena sebelumnya tanah itu milik pemerintah daerah. Kemudian harus menjadi milik pemerintah pusat. “Maka pemkab harus hibahkan ke pemerintah pusat,” jelasnya.

Sebelumnya juga bendungan tersebut sudah dilakukan pemeliharaan selama setahun. Mulai jadi hingga bulan Desember 2019 kemarin.

Seperti diketahui, Bendungan Logung diresmiskan akhir tahun 2018 lalu. Bendungan ini memiliki fokus tinggi 55 meter dan panjang 350 meter. Bendung ini mampu menampung air sekitar 20,15 juta m3 dengan volume efektif sebesar 13,72 juta m3.

Bendungan itu juga direncanakan dapat memenuhi kebutuhan air irigasi untuk lahan potensial maksimal 5.296 hektare. Terdiri dari luas irigasi eksisting 2.805 hektare dan irigasi pengembangan 2.491 hektare di wilayah Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.