Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Longsor, Akses Jalan di Desa Kaligarang Terancam Putus

MURIANEWS, Jepara – Longsor yang terjadi di Desa Kaligarang, Kecamatan Keling, Jepara berpotensi memutus akses jalan desa setempat. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara pun langsung melakukan pemantauan di lokasi longsoroan, Senin (10/2/2020).

M Zaenuddin, salah seorang petugas BPBD Jepara yang datang ke lokasi mengatakan, longsor yang terjadi pada Jumat (7/2/2020) dini hari tersebut memang mengancam terputusnya akses jalan. Apalagi, longsoran yang terjadi meliputi lahan sepanjang kurang lebih 15 meter dan tinggi sekitar 8 meter.

Material yang runtuh membuat sebagian bahu jalan mengalami longsor ke bawah. Kondisi ini bisa saja disusul dengan longsoran lagi, jika hujan deras kembali datang.

“Kami sudah mendata dan mencoba memberikan masukan bagi langkah antisipasinya. Masyarakat sudah bergotong royong melakukan upaya darurat untuk mencoba agar longsor susulan tidak terjadi lagi,” katanya.

Sementara itu, untuk kejadian longsor di areal persawahan Klumprit Desa Kelet, Keling, Jepara, BPBD Jepara juga melakukan penaksiran. Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan 500 lembar karung plastik.

Karung plastik ini digunakan untuk membuat tanggul darurat menangkal dampak longosran yang terjadi. Tanah longsor di persawahan Klumprit terjadi sepanjang 25 meter  dengan tinggi 20 meter.

“Longsoran di Klumprit berpotensi menimbulkan dampak terhadap areal sawah seluas kurang lebih dua hektar. Selain itu, longsoran  juga membuar dua saluran irigasi mengalami masalah karena tertimbun longsoran,” tambahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...